Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven menghindari kekalahan dari tuan rumah Heerenveen dengan skor 2-2 berkat gol di penghujung laga Joel Piroe dalam laga pekan ke-11 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Abe Lenstra, Heerenveen, Minggu.

Raihan satu poin itu membuat PSV gagal mendekatkan diri dari sang pemuncak klasemen, Ajax. PSV menempati posisi ketiga dengan mengoleksi 24 angka, terpaut tiga poin dari De Ajacieden.

Sementara Heerenveen tertahan di posisi ketujuh dengan raihan 19 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Utrecht ditahan seri, AZ telan kekalahan perdana

Sejak peluit dibunyikan, kedua tim menampilkan permainan terbuka. Serangan demi serangan kerap mengancam masing-masing lini pertahanan.

Penyerang Heerenveen Henk Veerman mendapat peluang awal, sayang sepakannya masih lemah dan mampu diantisipasi kiper PSV Yvon Mvogo. Tim tamu membalasnya serangan itu melalui Ibrahim Sangare namun belum mampu menjebol gawang lawan.

Mario Gotze memecah kebuntuan pada menit ke-28. Menerima umpan terobosan Cody Gakpo, Gotze melepaskan sodoran yang tak bisa ditepis kiper Erwin Mulder.

Setelah gol itu, tim tamu memiliki peluang menggandakan keunggulan. Cody Gakpo yang berada di depan kotak penalti justru menyia-nyiakan peluang ketika sepakannya melebar tipis di kiri mulut gawang Mulder.

Baca juga: Imbang lawan Heracles, Feyenoord gagal pangkas poin dari Ajax

Pada babak kedua, Heerenveen meningkatkan intensitas serangan. Penyerang andalannya, Veerman, memaksa kedudukan kembali imbang pada menit 69. Namun, berselang sembilan menit, Heerenveen kembali unggul.

Sepakan Mitchell van Bergen dari sisi kanan kotak penalti setelah menerima asis Rodney Kongolo tak mampu diantisipasi Mvogo.

Heerenveen terus mengurung pertahanan PSV hingga penghujung laga. Namun upaya itu malah menjadi petaka bagi tuan rumah.

Serangan balik cepat akselerasi Joel Piroe yang baru masuk pada babak kedua, menundukkan kiper Erwin Mulder untuk menyamakan kedudukan 2-2 di menit 90+2.

Drama terjadi jelang berakhirnya pertandingan setelah Ibrahim Sangare dijatuhi kartu merah karena melanggar pemain Heerenveen di dalam kotak penalti. Wasit lantas berkonsultasi melalui VAR dan menarik kembali kartu merah serta tak mengesahkan penalti. Skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang.

Selanjutnya PSV akan menjamu AC Omonia di Liga Europa untuk memperebutkan juara Grup E sembari berharap Granada tergelincir di markas PAOK. Sementara Heerenveen akan menghadapi Vitesse pada Minggu (13/12).

Baca juga: Vitesse buang peluang ke pucuk Liga Belanda setelah dibekuk PEC Zwolle

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020