Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa tak hanya membimbing prajurit TNI AD seperti pimpinan atau atasan, namun juga seperti seorang bapak.

Hal itu dikatakan Bintara Pelatih (Batih) Kompi Bantuan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509, Sersan Kepala Elkana Tafuli, saat mengikuti latihan antarkecabangan (ancab) Kartika Yudha 2020 Kostrad yang dihadiri langsung oleh Kasad di Baturaja, Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga: Kasad bicarakan perkembangan "Platoon Exchange" dengan militer AS
Baca juga: Bupati dan Wali Kota Bekasi temui Kasad bahas penanganan hunian kumuh


"Dari kesan yang saya rasakan, beliau orangnya sangat berwibawa. Dan juga bukan hanya menjadi seorang pimpinan atau atasan bagi kami, tapi juga bisa membaur, menjadi seorang bapak bagi kami sebagai prajurit," ujar Serka Elkana Tafuli dikutip dari akun Youtube TNI AD, Minggu (6/12/2020).

Serka Elkana mengaku bangga bisa bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan Kasad. Hingga secara sadar, dirinya berani meminta izin berswafoto (selfie) dengan Jenderal Andika dengan kamera ponsel yang dibawanya.

"Saya sempat meminta izin untuk melaksanakan selfie bersama bapak Kasad. Karena jarang kami mendapatkan momen tersebut. Berencana akan kami pajang di rumah sebagai kenang-kenangan bersama Bapak Kasad," kata Elkana.

Serka Elkana adalah satu dari sejumlah prajurit yang ikut dalam latihan mengantisipasi perang dan persiapan tempur tersebut

Pelatihan itu membuat para prajurit harus rela berpisah dari keluarga selama dua pekan, demi melaksanakan tugas negara.

Latihan itu digelar untuk kedua kalinya bagi pasukan Kostrad di tahun 2020. Semua prajurit dituntut untuk bersungguh-sungguh dan melaksanakan disiplin secara ketat.

Namun, menurut Serka Elkana, beratnya medan latihan tak membuat surut semangat prajurit mengikutinya hingga selesai, terutama Yonif Raider 509.

"Kami dari kompi bantuan, saya terkhususnya pelatih tentara khusus bantuan merasa bangga bisa melaksanakan segala kegiatan baik pertahanan maupun serangan dalam keadaan aman, lancar sampai dengan selesainya," pungkasnya.

Baca juga: Babinsa budidaya jamur tiram bangkitkan ekonomi warga
Baca juga: Kasad: TNI AD siap bantu ketahanan pangan di masa pandemi


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020