Formula 1

Mercedes didenda 20.000 euro karena pitstop ceroboh di GP Sakhir

Mercedes didenda 20.000 euro karena pitstop ceroboh di GP Sakhir

Pebalap tim Mercedes George Russell menjalani Grand Prix Sakhir, Sirkuit Internasional Bahrain. (6/12/2020). ANTARA/Pool via Reuters/Giuseppe Cacace/pri.

Jakarta (ANTARA) - Tim Mercedes dikenai denda 20.000 euro (Rp340 juta) pada Minggu setelah memasang ban yang salah pada mobil George Russell menyusul strategi pitstop yang kacau di Grand Prix Sakhir, Bahrain.

Mercedes memutuskan menarik kedua pebalapnya untuk pitstop bergiliran di lap yang sama ketika Safety Car keluar karena Jack Aitken kehilangan kendali mobil Williamsnya hingga menabrak pembatas.

Namun strategi double-stack itu justru mengacaukan balapan kedua pebalap Mercedes.

Russell tampil dominan dalam penampilan pertamanya bersama Mercedes setelah menggantikan Lewis Hamilton yang terjangkit COVID-19. Namun dia terpaksa menjalani pistop ketiga karena kru tim Mercedes keliru memasang ban yang seharusnya dialokasikan untuk mobil Valtteri Bottas.

Kesalahan itu membuat Russell mundur ke peringkat lima, namun dengan ban baru dia mampu merangsek naik ke peringkat dua sebelum kebocoran ban kiri belakangnya membuat dia harus masuk pitstop kembali.

Russell pada akhirnya harus finis P9 pada saat Sergio Perez meraih kemenangan perdananya di F1 bersama tim Racing Point.

Mercedes dipanggil menghadap pengawas balapan pascalomba.

Baca juga: Kemenangan pertama di F1 bak mimpi bagi Perez

Tim yang telah mengklaim gelar ketujuhnya secara beruntun itu mengaku mengalami masalah teknis pada radio komunikasi sehingga pesan yang dikirimkan ke kru mereka tidak terdengar karena berbarengan dengan masuknya transmisi radio dari mobil Russell.

"Ini jelas pelanggaran regulasi dan biasanya akan melibatkan penalti hingga diskualifikasi," demikian pernyataan steward seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Namun, alih-alih menjatuhkan penalti, FIA memilih mendenda tim itu dengan alasan Mercedes telah memperbaiki kesalahannya.

"Pertama, tim memperbaiki masalah itu dalam satu lap. Ini melibatkan Mobil 63 (Russell) menjalani pitstop kembali, sehingga menurunkan posisinya dalam klasifikasi.

Kemudian Bottas, yang mendapati bannya tertukar, juga tertahan selama 27 detik ketika pitstop karena kru mengalami masalah teknis dalam pemasangan ban sehingga mempengaruhi posisi finis sang pebalap Finlandia, yang mengakhiri balapan di P8.

Steward mengatakan pelanggaran ini baru pertama kalinya terjadi dalam sejarah F1.

Russell mempertahankan poin pertamanya di F1 yang ia raih setelah finis P9 serta satu poin tambahan yang dia dapatkan dengan mencetak lap tercepat.

Baca juga: Perez klaim kemenangan F1 perdana yang sensasional di GP Sakhir

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar