Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin, Minggu (6/12/) menarik perhatian banyak pembaca, mulai dari 1,2 dosis vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di Indonesia, jalan lintas nasional yang lumpuh akibat banjir di Aceh Utara hingga Gunung Semeru yang masih meluncurkan awan panas guguran.

Berikut adalah berita-berita menarik yang masih layak untuk dibaca kembali tersebut.

1,2 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Indonesia

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac, tiba di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Minggu sekitar pukul 21.25 WIB.

Vaksin tersebut diangkut menggunakan pesawat kargo khusus Garuda Indonesia Boeing 777-300 EA rute Jakarta-Beijing-Jakarta.

"Saya ingin menyampaikan satu kabar baik, satu kabar baik, bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19," kata Presiden Joko Widodo dalam pernyataan di channel Youtube Sekretariat Presiden, Minggu.

Selanjutnya dapat dibaca di sini.

Baca juga: Presiden: Meski sudah ada vaksin, tetap disiplin 3M

Jalan lintas nasional lumpuh akibat banjir di Aceh Utara

Jalan lintas Medan-Banda Aceh di Kabupaten Aceh Utara tepatnya di Kecamatan Lhoksukon terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa atau 30-50 centimeter di atas ruas jalan, hanya kendaraan berbadan besar dan tinggi yang bisa melintasinya.

"Kalau mobil pribadi dan truk kecil tidak bisa lewat, kecuali kendaraan besar dan tinggi baru bisa melewatinya," kata Syamsyuddin, seorang warga di Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Ahad.

Bagaimana situasinya selanjutnya bisa dibaca di sini.

Baca juga: Jalur Puncak-Cianjur dapat dilalui setelah sempat tertimbun longsor

Semeru masih luncurkan awan panas guguran

Gunung Semeru pada Minggu pagi masih meluncurkan awan panas guguran menurut laporan Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Menurut siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada Minggu pukul 06.00 WIB Gunung Semeru meluncurkan awan panas guguran sejauh 1,5 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam siaran pers BNPB menyebutkan bahwa Gunung Semeru juga mengalami beberapa letusan.

"Letusan teramati pertama kali dengan tinggi asap 400 meter dari puncak. Asap terpantau berwarna putih tebal dan condong mengarah ke utara. Letusan berikutnya dengan tinggi kolom hingga 500 meter di atas puncak. Asap putih tebal masih condong mengarah ke utara," katanya.

Bagaimana kronologi kejadian selanjutnya bisa disimak di sini.

Baca juga: BPBD sebut banjir lahar dingin Semeru masih terpantau aman

Pewarta: Katriana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020