Kedatangan vaksin COVID-19 ini bisa memulihkan sektor transportasi sebagai salah satu elemen roda perekonomian
Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai kedatangan vaksin COVID-19 bisa memulihkan sektor transportasi sebagai salah satu elemen roda perekonomian.

"Kedatangan vaksin COVID-19 ini bisa memulihkan sektor transportasi sebagai salah satu elemen roda perekonomian," ujar Djoko Setijowarno saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata Semarang tersebut menambahkan, kemungkinan para personel yang memberikan pelayanan di sektor transportasi pun bisa diprioritaskan dalam program vaksinasi Covid-19.

Pemberian vaksinasi Covid-19 kepada seluruh pekerja dan personel yang melayani publik dinilai penting, mengingat peran mereka yang vital dalam melayani publik secara langsung sehingga layak diprioritaskan dalam program vaksinasi.

"Artinya sektor transportasi sebagai salah satu elemen yang dapat menggerakkan roda perekonomian, harapannya perekonomian nasional secara perlahan dapat bangkit kembali," kata Djoko.

Dia juga melihat meskipun vaksin COVID-19 telah tiba di Indonesia, masyarakat perlu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 yang dikembangkan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac telah tiba di Tanah Air pada Minggu (6/12).

Vaksin tersebut dibawa menggunakan Pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER rute Jakarta-Beijing-Jakarta dengan menggunakan kargo khusus.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan vaksinasi COVID-19 semakin membangun rasa aman dan kepercayaan diri bangsa.

kedatangan vaksin ini merupakan momentum awal dari langkah nyata pemerintah dalam proses pengadaan vaksin COVID-19, sekaligus menerjemahkan pernyataan Presiden di mana keselamatan rakyat menjadi prioritas utama dalam penanganan COVID-19.

Baca juga: Vaksin Sinovac disimpan di Bio Farma Bandung
Baca juga: Indef sebut kedatangan vaksin COVID-19 harapan positif bagi publik

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020