Fitrah manusia adalah silaturahmi. Tugas kita adalah merawat silaturahmi itu, terutama untuk kita, sesama warga Indonesia di perantauan
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha bersama masyarakat Indonesia di Qatar ikut memeriahkan peringatan Hari Migran Internasional yang jatuh setiap 18 Desember.

Seluruh kegiatan untuk memperingati Hari Migran Internasional dilakukan KBRI Doha bersama para WNI di Qatar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Berbagai acara kolaborasi yang dilakukan KBRI bersama masyarakat Indonesia di Qatar, antara lain pertandingan tenis lapangan; balap sepeda, lari dan renang virtual; serta pemberian bingkisan kepada para pekerja migran Indonesia di Qatar.

Sebagai bagian dari bentuk ketaatan terhadap protokol kesehatan, dalam pertandingan tennis, pihak Indonesian Lawn Tennis Association (ILTA) sebagai panitia membatasi jumlah peserta hanya sampai 35 orang. Padahal biasanya kegiatan tersebut bisa diikuti oleh ratusan peserta.

Pertandingan tenis itu, yang berlangsung dengan meriah pada Sabtu (5/12), dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan.

Selain pertandingan tenis, KBRI Doha bersama komunitas pesepeda Indonesia di Qatar juga telah menggelar acara balap sepeda virtual.

Berbeda dengan pertandingan tenis, perlombaan balap sepeda tersebut dilakukan secara virtual untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya.

Dubes Ridwan telah membuka acara balap virtual tersebut yang akan berlangsung hingga 31 Desember 2020.

Dubes Ridwan Hassan menyampaikan apresiasinya atas partisipasi aktif para WNI di Qatar dalam menyelenggarakan berbagai acara yang bertujuan untuk merekatkan persaudaraan di antara sesama warga Indonesia.

"Fitrah manusia adalah silaturahmi. Tugas kita adalah merawat silaturahmi itu, terutama untuk kita, sesama warga Indonesia di perantauan," ujar dia.

Selain pertandingan-pertandingan olahraga tersebut, sejak Ahad (6/12), KBRI Doha juga telah mulai menyalurkan bingkisan kepada para pekerja migran Indonesia di Qatar.

Kegiatan olahraga dan penyaluran bingkisan tersebut juga mendapat dukungan dari perwakilan Bank Central Asia (BCA) di Qatar.

"Sebagai satu-satunya bank asal Indonesia yang memiliki perwakilan di Qatar, sudah sewajarnya jika BCA turut berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat," ujar Dian Nurhayati, perwakilan BCA di Qatar.


Baca juga: KBRI Doha salurkan bantuan bagi WNI terdampak pandemi di Qatar

Baca juga: KBRI Doha adakan diskusi pengaruh pandemi terhadap demensia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020