Muhaimin Iskandar: Sekjen PKB akhirnya jadi anggota DPR

Muhaimin Iskandar: Sekjen PKB akhirnya jadi anggota DPR

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar saat memimpin rapat rapat paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2020-2021 di Senayan, Jakarta, Senin (7/12/2020). ANTARA/ HO-Tangkapan Layar Youtube DPR RI.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengatakan Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid akhirnya duduk sebagai anggota DPR setelah sebelumnya gagal dalam pemilihan anggota legislatif daerah pemilihan Jawa Timur V.

Hasanuddin Wahid adalah salah satu dari enam pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPR RI sisa masa jabatan 2019-2024 yang dilantik Ketua DPR RI Puan Maharani pada rapat paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2020-2021 yang dipimpin oleh Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, Senin.

Baca juga: DPR ajak masyarakat kawal pelaksanaan Pilkada 2020

"Para anggota yang baru saja dilantik, dipersilakan menempati kursi yang sudah ada namanya masing-masing. Terutama Sekjen PKB yang sudah duduk di sana. Ternyata jadi DPR juga akhirnya," kata Cak Imin di Senayan, Jakarta, Senin.

Puan Maharani melantik Hasanuddin Wahid dan lima anggota PAW DPR RI 2019-2020 lainnya itu dengan didampingi Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dan Cak Imin serta disaksikan oleh 59 anggota DPR RI yang hadir secara fisik dan 215 anggota DPR RI yang hadir secara virtual dari total 575 anggota DPR RI.

Baca juga: DPR apresiasi strategi-diplomasi pemerintah terkait vaksin COVID-19

Cak Imin mengatakan bahwa pergantian antarwaktu anggota DPR RI sisa masa jabatan 2019-2024 itu juga sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui lima petik Keputusan Presiden Nomor 118P, 119P, 120P tahun 2020 tanggal 24 November 2020, Keppres Nomor 123 P tahun 2020 tanggal 2 Desember 2020, dan Keppres Nomor 126 P tahun 2020 tanggal 4 Desember 2020.

Enam anggota PAW DPR RI itu adalah:

1. Irjen Polisi (Purn) Yakobus Jacky Uly, mantan Kapolda NTT dan Kapolda Sulawesi Utara ini dilantik mewakili Partai NasDem, Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur II menggantikan Kristiana Muki yang mundur karena maju sebagai calon Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

2. Cen Sui Lan, mewakili Partai Golkar, Daerah Pemilihan Kepulauan Riau. Cen Sui Lan adalah wanita muslimah yang menjadi pengganti antarwaktu anggota Komisi V DPR RI Anshar Ahmad.

3. Bambang Hermanto, mewakili Partai Golkar, Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII, menggantikan anggota Komisi V DPR RI Daniel Muttaqien yang maju sebagai calon Bupati Indramayu.

4. Rezka Oktoberia, mewakili Partai Demokrat, Daerah Pemilihan Sumatera Barat II. Rezka merupakan pengganti antarwaktu dari anggota Komisi III DPR RI Mulyadi yang maju dalam Pemilihan Gubernur Sumbar 2020.

5. M Hasanuddin Wahid, Sekjen PKB ini dilantik menjadi anggota DPR RI mewakili Fraksi PKB dari Dapil Jawa Timur V menggantikan Lathifah Shohib yang maju sebagai calon Bupati Malang pada Pilkada 2020.

6. Heru Widodo, SPSi, mewakili PKB dari Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan II menggantikan anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Zairullah Azhar yang maju sebagai calon Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Puan: Pemerintah tingkatkan intensitas sosialisasi vaksin COVID-19
Baca juga: Anggota DPR ajak masyarakat bangkit dari bencana

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komisi IV pastikan stok beras Sumbar jelang Ramdhan aman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar