Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Dalam Negeri mengingatkan bahwa kedisiplinan masyarakat menjadi kunci kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 yang hari pemungutan suaranya digelar pada 9 Desember.
 
Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik dalam webinar bertema "9 Desember, Gunakan Hak Pilihmu" di Jakarta, Senin, mengatakan kedisiplinan masyarakat tentunya akan menjadi penentu keberhasilan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Baca juga: Kemendagri optimis tiga indikator keberhasilan Pilkada 2020 tercapai
 
"Kedisiplinan warga untuk datang di waktu yang sudah ditentukan oleh KPU, menjadi kunci keberhasilan pencoblosan 9 Desember nanti," kata Akmal.
 
Ia menambahkan segala persiapan untuk pesta demokrasi itu dapat dipastikan sudah berjalan dengan baik, semua pihak yang terlibat terus berkoordinasi dalam memastikan kesiapan Pilkada 2020.
 
"Kami melihat semua kesiapan sudah running well, sudah berjalan bagus, tinggal lagi-lagi persoalannya dan kuncinya ada pada kedisiplinan masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Kemendagri: Pelanggaran protokol kesehatan pilkada berhasil ditekan
 
Dia pun meminta agar masyarakat tidak ragu dalam menyalurkan aspirasinya dengan mencoblos surat suara pada 9 Desember nanti, masyarakat berpartisipasi aktif datang ke tempat pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan.
 
Pilkada ini, kata dia, merupakan sebuah kegiatan formal yang sudah terencana dengan sangat baik, sehingga semua hal-hal penting untuk mendukung penyelenggaraan berjalan sesuai tujuan tentunya sudah dipersiapkan dengan baik.

Baca juga: Kemendagri optimis pilkada jadi ajang adu solusi penanganan COVID-19
 
"Pemerintah, aparat penegak hukum, Satgas COVID-19, dan penyelenggara sudah berkoordinasi sejak jauh-jauh hari, dan kita sudah menyiapkan tahapan dengan baik. Tugas masyarakat hanya patuhi protokol kesehatan, datang ke lokasi pada jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020