Jakarta (ANTARA) -
Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, para pejabat utama Markas Komando Korps Marinir TNI AL, dan semua personel komanto utama TNI itu sampai dengan pangkat prajurit dua marinir melaksanakan uji usap antigen Covid-19, di Markas Komando Korps Marinir TNI AL di kawasan, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin.
 
Kepala Dinas Kesehatan Korps Marinir TNI AL, Kolonel Laut (K) Aryo Bintoro, dalam siaran persnya, mengatakan, metode uji usap antigen Covid-19 kepada semua unsur pimpinan dan personel di Markas Komando Korps Marinir TNI AL itu diterapkan guna memutus rantai penularan Covid-19 yang sampai sekarang belum juga mereda.

Baca juga: Marinir lakukan rapid test serentak tekan COVID-19
 
"Uji usap kali ini menggunakan metode uji usap antigen, dimana untuk hasil lebih akurat dibandingkan dengan uji usap antibodi," kata dia.
 
Kedua uji usap ini, kata dia, sama-sama menghasilkan hasil yang cepat dalam waktu kurang dari 30 menit.
 
Namun, lanjut dia, ada perbedaan, di antaranya yakni metode uji usap antigen mendeteksi keberadaan virus Covid-19, bukan mendeteksi antibodi tubuh terhadap penyakit Covid-19.

Baca juga: Marinir TNI-AL sosialisasikan pentingnya penggunaan APD cegah COVID-19
 
Oleh karena itu, kata dia, uji usap antigen lebih akurat dibandingkan dengan uji usap antibodi, sebab antibodi terkadang belum muncul di awal-awal seseorang terjangkit Covid-19, sehingga terjadi false negatif (hasil negatif padahal sebenarnya pasien terinfeksi).
 
Uji usap yang dilaksanakan pada hari ini dilakukan langsung dari Dinas Kesehatan Korps Marinir TNI AL dan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Baca juga: KSAL: Marinir harus ikut disiplinkan masyarakat taat protokol COVID-19

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020