Makassar (ANTARA) - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA menilai tepat menggandeng tiga gubernur top Indonesia sebagai narasumber dalam acara Indonesia Outlook 2021.

"Tempo media group sudah tepat menjadikan tiga gubernur top di Tanah Air sebagai narasumber di Indonesia outlook 2021," kata Safrizal dalam keterangannya di Makassar, Senin.

Tema mewujudkan Indonesia maju 2021 ini mengundang secara khusus Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Baca juga: Gubernur Sulsel doakan Bupati Bantaeng segera pulih dari COVID-19

Baca juga: Pemprov Sulawesi Selatan salurkan insentif untuk 2.500 guru mengaji


Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah menyampaikan kegiatan Indonesia Outlook 2021 adalah sebuah momentum untuk menyampaikan program dan konsep kolaborasi pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota.

"Kita di Sulsel mendorong dan mengoptimalkan inovasi, baik dalam pelayanan maupun dalam hal pemanfaatan potensi daerah. Saya kira sudah menjadi rahasia umum persoalan sinergi dan kolaborasi ini tentu menjadi kebutuhan kita ke depan," tuturnya.

Ia menjelaskan 10 tahun menjadi bupati, memang cara pandang birokrasi harus memberikan pemahaman kepada teman-teman organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemerintah kabupaten/kota mengenai penggunaan anggaran.

Menurut dia, APBD itu bukan untuk dihabiskan, tapi bagaimana satu rupiah pun bisa menghasilkan.

Ia mengemukakan dalam pemerintahan tidak bisa lagi melanjutkan pola-pola pemerintahan yang bergantung kepada aktor, tetapi bagaimana membangun pemerintahan dengan sistem.

Baca juga: Diklaim pertama di Indonesia, Sulsel luncurkan tes usap masif guru

"Saya di Provinsi Sulawesi Selatan, bagaimana kita bersama-sama dengan seluruh bupati/wali kota untuk membangun langkah yang sama, visi yang sama dalam rangka mendorong percepatan pembangunan Sulsel. Kami menyadari betul posisi pemerintah provinsi adalah wakil pemerintah pusat di daerah," ucapnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020