Indonesia-AS tingkatkan kerja sama tangkal ancaman biologi

Indonesia-AS tingkatkan kerja sama tangkal ancaman biologi

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan), saat berbincang dengan Pejabat Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Christopher C Miller, di Subden Markas Besar TNI, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2020). ANTARA/HO-Pusat Penerangan TNI

Jakarta (ANTARA) -
TNI dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat sepakat meningkatkan kerjasama pertahanan melalui pendidikan dan latihan bersama kedua negara untuk menangkal ancaman bahan peledak, senjata biologi, kimia, radiologis, dan nuklir (CBRNE) serta siber.
 
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan hal itu saat menerima kunjungan kehormatan Pejabat Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Christopher C Miller, bertempat di Subden Markas Besar TNI, Jakarta Pusat, Senin.
 
Tjahjanto mengatakan, pelatihan dan kemampuan pertahanan CBRNE dan siber adalah bidang yang menjadi perhatian bersama kedua negara demikian pula dengan kebutuhan TNI terkait sistem kesenjataan mutakhir.

Baca juga: TNI AU dan Militer AS latihan perang di Medan
 
Ia dan Miller juga membahas tentang stabilitas kawasan Asia Tenggara.
 
Permasalahan yang ada di wilayah Laut China Selatan harus diselesaikan melalui pendekatan diplomatik dengan mengedepankan norma-norma internasional, prinsip saling menghargai kedaulatan, dan penyelesaian permasalahan dalam kerangka perdamaian. Keduanya juga membahas kemungkinan keikutsertaan personel TNI dalam latihan bersama antara Korps Marinir Amerika Serikat dan Angkatan Bersenjata Australia di Darwin.
 
Tjahjanto pun mengapresiasi kerja sama pertahanan antara kedua negara yang selama ini telah terjalin.

Baca juga: Duta besar Amerika Serikat hadiri Kemitraan Pasifik 2018 di Bengkulu
 
Eratnya hubungan itu terbukti dengan rangkaian kunjungan pejabat Departemen Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat kepada dia pada beberapa bulan terakhir.
 
Pada September lalu, dia menerima kunjungan Wakil Menteri Pertahanan bidang Kebijakan Amerika Serikat, Dr James Anderson. Kemudian pada November menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat, Jenderal James C McConville, beserta Wakil Panglima USARPAC, Mayor Jenderal Jonathan P Braga.

Baca juga: Latihan Marinir TNI AL-Amerika Serikat tingkatkan profesionalisme prajurit
 
Turut mendampingi Tjahjanto dalam pertemuan itu Asisten Operasi Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Arios T Aritonang, dan Kepala Pusat Kerja Sama Internasional TNI, Laksamana Pertama TNI R Teguh Isgunanto.

Sedangkan dari delegasi Amerika Serikat, hadir Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim, Deputi Asisten Menteri Pertahanan Amerika Serikat untuk Wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Reed Blanding Werner, dan Kepala Staf Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Kashyap Pramod Patel.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar