Total sampah itu dikumpulkan dalam kegiatan bersih pesisir pantai
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu mengumpulkan sampah sebanyak 28 ton sampah selama dua hari, 5-6 Desember 2020 di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

"Total sampah itu dikumpulkan dalam kegiatan bersih pesisir pantai," kata Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto di Jakarta, Senin.

Djoko mengatakan pada musim angin barat tahun 2020 ini, jumlah sampah yang diangkut atau tertangani petugas Sudin LH rata-rata mengalami kenaikan 50-70 persen.

"Sampah itu selanjutnya akan dikirim dengan kapal ke daratan Jakarta," ujarnya.

Sampah-sampah itu merupakan sampah kiriman yang sangat mengganggu akibat musim angin barat.

Baca juga: DLH Kepulauan Seribu musnahkan 9 kilogram sampah medis dan B3

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang Pepen Kuswandi mengatakan kiriman sampah itu rutin terjadi setiap tahun, terutama pada saat musim angin dan petugas pesisir dari Sudin LH selalu berada di lokasi.

"Alhamdulillah, sampah kiriman berbagai jenis ini bisa tertangani oleh petugas," ujarnya.

Pepen berharap, masalah sampah ini bisa segera ditangani dengan baik, agar Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai daerah destinasi pariwisata bisa kembali bersih dan tetap terus dikunjungi wisatawan.

Menurut dia, sampah itu memang masih perlu diantisipasi apabila jumlah sampah kiriman yang datang cukup banyak. Sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) seperti beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu catat penurunan volume sampah selama PSBB

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020