Pemkot Batam bantu distribusi APD pilkada ke pulau-pulau penyangga

Pemkot Batam bantu distribusi APD pilkada ke pulau-pulau penyangga

Distribusi logistik Pilkada Serentak 2020 di Batam, Kepri, Senin (7/12). (Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau membantu Komisi Pemilihan Umum Daerah setempat dalam mendistribusikan alat pelindung diri bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di pulau-pulau penyangga.

"Akhirnya, Pak Wali Kota bilang silahkan berkoordinasi dengan camat (untuk distribusi APD)," kata Ketua KPU Kota Batam Herrigen Agusti di Batam, Senin.

Ia mengakui, terdapat sedikit kendala dalam distribusi APD untuk KPPS ke pulau-pulau, karena anggarannya tidak disiapkan.

Baca juga: Pusat pilih Batam percontohan Pilkada Sehat

Baca juga: Batam gaungkan Gerakan Sejuta Masker dukung Pilkada Sehat

Mestinya memang, distribusi APD bisa berbarengan dengan pengiriman logistik pilkada. Namun, karena pengadaannya terlambat, terkait kendala di pusat, maka penyalurannya pun jadi tidak bisa bersamaan.

"Nah karena ini sifatnya nasional, ada yang datangnya kemarin," kata dia.

Ia mengatakan, bagi kecamatan yang memiliki fasilitas kapal, maka bisa didistribusikan menggunakan armada itu. Sedangkan bagi kecamatan yang tidak memiliki, pihaknya masih akan berkoordinasi lagi dengan pemkot.

"Karena enggak semua kecamatan punya transportasi laut, jadi seperti apa belum tahu," kata dia.

Sementara itu, seluruh logistik Pilkada Serentak 2020 sudah didistribusikan KPU Batam ke PPK.

Mulai hari ini, logistik itu disampaikan ke PPS, terutama yang berada di pulau penyangga seperti yang terdapat di Kecamatan Galang.

Hujan yang mengguyur Batam pada Senin diharapkan tidak menghambat proses pendistribusian logistik. Seluruh perlengkapan pilkada juga diharapkan tidak rusak.

"Mudah-mudahan tidak kena hujan ya, tapi kami sudah siapkan pengamanan juga. Selain ada terpal, setiap kotak suara juga kita kasih bungkus plastik," kata Herigen.

Baca juga: Bawaslu ingatkan KPU distribusi APD belum merata

Baca juga: Komitmen Menkominfo jaga ruang digital saat Pilkada 2020

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar