Indo Barometer prediksi petahana unggul di Pilkada Tangsel

Indo Barometer prediksi petahana unggul di Pilkada Tangsel

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari saat ditemui awak media. ANTARA/Zuhdiar Laeis/am.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Indo Barometer memprediksi pasangan calon petahana akan unggul pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan 2020 meski ada anak Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang ikut berkontestasi.

"Di Tangsel, yang berpeluang besar menang justru dinasti lokal yang diwakili oleh paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari saat rilis survei berjudul "Tiga potret nasib dinasti politik di Pilkada 2020" secara daring, Senin.

Indo Barometer melakukan survei pilkada di tiga kota, yakni Surakarta, Medan, dan Tangerang Selatan yang menjadi perhatian karena dinasti politik nasional berpartisipasi.

Pilkada Tangsel 2020 diikuti oleh Siti Nur Azizah (anak Ma'ruf Amin) sebagai calon wali kota berpasangan dengan Ruhamaben, Rahayu Saraswati D. Djojohadikusumo sebagai calon wawali berpasangan dengan Muhamad, dan kandidat petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Baca juga: KPU Tangsel tetapkan nomor urut tiga paslon wali kota

Benyamin adalah wakil petahana, sebagai Wawali Tangsel mendampingi Wali Kota Airin Rachmi Diani yang diusung sebagai calon wali kota oleh Partai Golkar pada Pilkada Tangsel 2020.

Benyamin dipasangkan dengan Pilar Saga Ichsan yang merupakan kerabat dekat Airin, atau anak dari Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Tatu merupakan adik kandung dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Baca juga: Pilkada Tangsel, Benyamin-Pilar klaim nomor 3 miliki keberuntungan

"Jika di Kota Surakarta, anak Jokowi berpeluang menang mudah dan di Medan menantunya berpeluang menang namun dengan kerja keras, maka di Tangerang Selatan, prospek anak Ma'ruf Amin justru terancam keok," katanya.

Bahkan, kata dia, paslon petahana juga mampu mengungguli Rahayu, anak pengusaha Hashim Djojohadikusumo.

Dari elektabilitas calon Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie unggul dengan 33,3 persen, disusul Muhamad (21,0 persen), dan Siti Nur Azizah (10,3 persen).

Kemudian, elektabilitas calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan juga unggul dengan 30,0 persen), disusul Rahayu Saraswati D. Djojohadikusumo (19,0 persen), dan Ruhamaben (9,0 persen).

Sementara secara elektabilitas pasangan calon: Benyamin-Pilar(34,0 persen), Muhamad-Rahayu (20,8 persen), dan Siti Nurazizah-Ruhamaben (10,5 persen).

Baca juga: Gandeng artis, Cawalkot Azizah sosialisasikan 7 program unggulan

"Benyamin Davnie secara konsisten unggul dalam berbagai variabel yang berpengaruh dalam pilkada, sebagaimana terekam dalam survei yakni tingkat pengenalan, tingkat kesukaan, penilaian kepribadian, penilaian kemampuan, alasan memilih, kepuasan kepada Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kota Tangsel, dan tingkat kepuasan pada saat menjabat Wakil Wali Kota Tangsel," katanya.

Selain itu, Qodari mengungkapkan pasangan Benyamin-Pilar juga cukup diuntungkan oleh empat latar belakang politik di Kota Tangsel, yakni Golkar unggul dalam Pemilu Legislatif 2014 dan 2019, calon Golkar unggul di Pilkada Wali Kota 2010 dan 2015, dan calon Golkar menang di Pilkada Gubernur Banten 2013 dan
2018.

"Wapres Ma'ruf Amin sebagai ayah kandung Siti Nur Azizah juga menang di pilpres 2019, namun dengan angka tipis," katanya.

Baca juga: Indo Barometer: Bobby ibarat lewati "off road" di Pilkada Medan
Baca juga: Indo Barometer: Pilkada Surakarta seperti jalan tol buat Gibran-Teguh

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar