Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama akan mengerahkan 1.200 tentara Garda Nasional ke perbatasan AS-Meksiko dan minta 500 juta dolar untuk meningkatkan perlindungan perbatasan, kata seorang pejabat pemerintah, Selasa.

Tentara-tentara itu akan memberikan data intelijen, bantuan pengamatan dan pengintaian, analisis intelijen, bantuan segera pada pelaksanaan upaya anti-narkotika dan kapasitas pelatihan, hingga badan Pabean dan Patroli Perbatasan dapat merekrut lebih banyak pejabat dan agen untuk bertugas di perbatasan tersebut.

Dana itu akan digunakan untuk meningkatkan teknologi di perbatasan dan untuk pertukaran informasi maupun bantuan antar badan penegak hukum yang memerangi perdagangan gelap orang, obat bius, senjata dan uang.

Masalah imigrasi telah menjadi pusat perhatian di Washington, dan Obama meminta perbaikan komprehensif serta menentang undang-undang baru negara bagian Arizona yang sangat kaku mengenai imigran.

Masalah itu juga merupakan topik pembicaraan dari kunjungan kenegaraan Presiden Meksiko Felipe Calderon ke Washington pekan lalu.(S008/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010