Salah satu isu strategis yang menjadi perhatian kami adalah kemajuan wilayah perbatasan
Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP) meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa.

Menurut Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani peninjauan dilakukan untuk melakukan monitoring terhadap sejumlah program prioritas nasional.

"Salah satu isu strategis yang menjadi perhatian kami adalah kemajuan wilayah perbatasan," ujar Jaleswari di Skouw, Papua, sebagaimana siaran pers KSP, yang diterima di Jakarta, Selasa.

PLBN Terpadu Skouw berdiri sejak tahun 2006 dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Mei 2017.

Baca juga: KSP: Antisipasi keamanan Pilkada Papua Barat cukup baik

Baca juga: KSP: Warga Papua apresiasi Inpres Nomor 9 Tahun 2020


Pada kesempatan ini, selain melakukan peninjauan, KSP juga menggelar rapat koordinasi dengan para pihak, antara lain TNI, Polri, Administrator PLBN Skouw, Imigrasi, Bea Cukai serta Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Provinsi Papua.

Jaleswari menegaskan Presiden Joko Widodo memiliki komitmen yang tinggi terhadap sejumlah pos lintas batas negara. Karena pos tersebut menjadi etalase pertumbuhan bagi Indonesia.

"Pada 13 Mei tahun ini Presiden memberikan arahan ada tiga PLBN yang diminta jadi pusat pertumbuhan ekonomi, yakni PLBN Aruk, PLBN Skouw, dan PLBN Motaain," ujar Jaleswari.

Jaleswari mengatakan kedatangan KSP ke PLBN Terpadu Skouw juga sejalan dengan tugas yang diemban KSP untuk memberikan dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu-isu strategis.

"Karenanya kami datang ke sini untuk memantau perkembangan PLBN Skouw. Ini sebuah program yang kami pantau sejak awal tahun 2020," ucap Jaleswari menambahkan.

Dalam tugasnya, KSP juga memiliki fungsi melakukan pengendalian isu-isu strategis seperti pandemik COVID-19. Jaleswari menyatakan, KSP ingin mendapatkan perkembangan terkini pengelolaan perbatasan Provinsi Papua, dikaitkan dengan peningkatan pelayanan dan pengembangan PLBN Skouw serta tantangan dan upaya-upaya khusus dalam situasi pandemik.

Menanggapi hal itu, Administrator Pos Lintas Batas RI-PNG, Kota Jayapura, Yan Numberi, mengatakan selama masa pandemik COVID-19 saat ini pihak PLBN Skouw telah menyiapkan protokol kesehatan bagi para pelintas antara RI-PNG.

"Kami siapkan dengan protokol kesehatan yang ada. Sampai saat ini yang terkonfirmasi di rumah sakit, belum ada yang berasal dari PLBN skouw. Keadaan aman," ujar Yan Numberi.

Yan Numberi mengatakan pelayanan PLBN Skouw sendiri sudah bekerja sama dengan PNG terkait pemeriksaan dan penerapan protokol kesehatan pada masa pandemik COVID-19 kepada para pelintas.

Baca juga: KSP: Pemerintah komitmen penuhi hak fundamental publik selama pandemi

Baca juga: Moeldoko: Otsus kedua semangat baru percepatan pembangunan Papua

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020