Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran meresmikan Kampung Tangguh Jaya guna menekan angka penyebaran kasus COVID-19 di 
di DKI Jakarta.

Salah satu wilayah yang dikunjungi dalam peresmiannya adalah di RW 016 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Selasa.

“Kampung Tangguh Jaya merupakan proyek kolaborasi warga di tingkat RW sehingga dapat memaksimalkan 3 T (tracing, testing, treatment) berbasis komunitas,” ujar Fadil.

RW 016 Kapuk Cengkareng menjadi lokasi proyek percontohan Kampung Tangguh Jaya, lantaran padat penduduk dan tinggi kasus penularan COVID-19 di wilayah Jakarta Barat.

Fadil mengharapkan adanya penurunan angka dari terbentuknya Kampung Tangguh Jaya dengan pelacakan aktif pada warga yang bergejala.

Sebisa mungkin, masyarakat dapat memeriksakan kesehataannya melalui tes cepat dan memisahkan orang dengan gejala COVID-19 untuk segera mendapat perawatan agar tidak terbentuk klaster keluarga.

Baca juga: RW 01 Rawa Buaya bersiap tanggap banjir menuju Kampung Tangguh Bencana
Baca juga: Cengkareng Timur jadi proyek rintisan Kampung Tangguh COVID-19


Kemudian, program Kampung Tangguh Jaya juga menyasar warga yang terdampak COVID-19 dengan membangkitkan UMKM dan pemberian bantuan berupa sembako maupun ATM beras.

Fadil juga menyarankan agar tiap lingkungan Rukun Tetangga di RW 016 Kapuk berkomunikasi untuk mengingatkan warga yang tidak pakai masker dan mengecek kondisi warganya.

“Sehingga ketika ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 atau terdampak sosial ekonomi, maka warga bersama-sama melakukan langkah-langkah di bawah dukungan pemerintah dan TNI-Polri,” ujar Fadil.

Sebagai proyek percontohan Kampung Tanggung Jaya, di kawasan RW 016 Kapuk Cengkareng sejumlah wastafel portabel ditempatkan di depan jalan pemukiman warga.

Selain itu, terdapat mesin penyemprot disinfektan di depan gapura jalan pemukiman warga. Warga yang berada di sekitar kampung diwajibkan menggunakan masker.

Peluncuran Kampung Tangguh Jaya di Kapuk Cengkareng sekaligus menandai pprresmian Kampung Tangguh lainnya, antara lain, Johar Baru (Jakarta Pusat), Tanjung Priok (Jakarta Utara), Mampang Prapatan (Jakarta Selatan), Cakung (Jakarta Timur), Penjaringan (Jakarta Utara) dan Pulau Tidung (Kepulauan Seribu).

Selain itu, Kampung Tangguh Jaya juga ada di (Medan Satria) Kota Bekasi, Serpong 
(Tangerang Selatan), Panunggangan Utara (Tangerang Kota), Cikarang Selatan (Kabupaten Bekasi) dan Buaran Indah (Tangerang).

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020