Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti meninjau kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020 di Jawa Timur dengan mendatangi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim dan Kota Surabaya untuk memastikan agar dalam pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember tidak ada kendala.

"Dalam rangka pengawasan, ya semua di Jawa Timur lapor ke DPD. Kebetulan saya Dapilnya Jawa Timur, dan saya lakukan pengawasan ke Bawaslu Jawa Timur dan di sini (Kota Surabaya), penilaian saya, pekerjaan mereka sudah profesional sesuai dengan peraturan yang ada," kata La Nyalla di Surabaya, Selasa.

Ia mengapresiasi kerja Bawaslu Jawa Timur dan Kota Surabaya, karena profesional dan cukup baik dalam pengawasan pelaksanaan pilkada di Jatim.

Baca juga: Ketua DPD harap masyarakat tidak anggap remeh COVID-19

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Jatim, Purnomo Satrio Pringgodigdo mengatakan senang atas kunjungan yang dilakukan oleh Ketua DPD RI.

"Kami sangat senang bisa dihadiri tidak hanya oleh DPD RI tetapi oleh Ketua DPD RI untuk melakukan monitoring langsung. Isu daerah memang menjadi fokus DPD RI," ujar Purnomo.

Pada kesempatan itu, ia menginformasikan tentang penyelenggaraan pilkada di Jatim, termasuk titik-titik rawan dalam penyelenggaraan, misalnya tentang proses penanganan pelanggaran oleh jajaran ASN.

Adapun dugaan pelanggaran yang masuk ke Bawaslu Jatim yang terjadi di 19 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada hingga akhir masa kampanye total mencapai 568 dugaan, baik dari temuan maupun laporan yang masuk.

Baca juga: La Nyalla dukung regulasi perkecil biaya politik pilkada

Setelah diproses, dari total dugaan pelanggaran tersebut, 451 masuk kategori pelanggaran dan 117 bukan pelanggaran. Beberapa pelanggaran di antaranya adalah pelanggaran etik, pelanggaran administratif dja pelanggaran ASN dan non-ASN.

Ketua Bawaslu Surabaya M Agil Akbar mengapresiasi kunjungan dan masukan Ketua DPD RI ke Kantor Bawaslu Surabaya.

"Ini kan dukungan dari Ketua DPD kepada Bawaslu Surabaya, kita sangat berterima kasih sama masukan-masukannya yang cukup berharga, kita akan tindaklanjuti," kata Agil.

Baca juga: DPD harapkan pilkada hasilkan kepala daerah berkualitas

Sementara itu pelaksanaan Pilkada 2020 di Jatim akan berlangsung di 19 daerah pada 9 Desember 2020, yakni Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Kediri, Kota Blitar, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Sidoarjo, Mojokerto, Ngawi, Tuban, Lamongan, Gresik, Sumenep, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020