Medan (ANTARA) - Polda Sumatera Utara, Kodam I Bukit Barisan, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menggelar patroli gabungan skala besar dalam rangka memantau situasi kamtibmas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Medan, Selasa.

Rute yang dilalui yakni start dari depan Makodim 0201/BS menuju Jalan Kapten Maulana Lubis, Jalan Raden Saleh, Jalan Balaikota, Jalan Thamrin, Jalan Halat, Jalan SM Raja Medan.

Baca juga: Polisi nilai 1.352 TPS di Sumatera Utara masuk kategori rawan

Selanjutnya menuju Jalan AH Nasution, Jalan Setia Budi, Jalan Dr Mansyur, dan berakhir di Jalan Patimura Medan.

Sebelum memulai patroli, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin, dalam arahannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya partroli gabungan TNI dan Polri untuk memberikan keamanan dan ketertiban situasi kamtibmas dalam menyongsong pesta demokrasi yang akan dilaksanakan di 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut).

"Sumut adalah provinsi terbanyak yang melaksanakan pilkada tahun ini. Saya yakin dengan latihan yang sudah kita laksanakan mampu meyakinkan masyarakat bahwa kita siap mengamankan dan melaksanakan penertiban hingga usai pesta demokrasi nanti," ujarnya.

Baca juga: KPUD Medan terapkan prokes secara ketat saat pencoblosan

Martuani mengatakan, siapapun yang menghalangi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya akan ditindak. Tidak ada yang boleh merampas hak pilih seseorang.

Kapolda juga menyampaikan, Kodam I/BB dan Polda Sumut siap mengamankan dan menciptakan pesta demokrasi yang aman. Pesta demokrasi adalah kebahagian menyambut kepala daerah untuk membawa kota dan kabupaten menjadi lebih baik lagi.

"Jadi siapapun nanti yang terpilih, dia adalah putra dan putri terbaik kebanggaan daerah pilihan masyarakat yang akan mengabdikan dirinya untuk masyarakat," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu.

Baca juga: KPUD Medan musnahkan 5.312 surat suararusak

Hadir dalam kegiatan itu, yakni Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Pangkoses Hanudnas 3 Marsma TNI Esron SB Sinaga, Irwasda Polda Sumut, dan PJU Kodam I/BB.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020