Denpasar (ANTARA) - Calon bupati dan wali kota pada Pilkada 2020 di Bali mengharapkan masyarakat yang datang ke TPS mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Kami amati semua masyarakat yang datang ke TPS sudah mengikuti protokol kesehatan. Sesampai di TPS sebelumnya petugas dari KPPS mengarahkan warga untuk mencuci tangan, diukur suhu tubuhnya dan saat mengambil surat suara terlebih dahulu memakai sarung tangan," ujar calon wali kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya, negara seusai mencoblos di TPS-11 Banjar Saba, Denpasar, Bali, Rabu.

Baca juga: Menteri PPPA: Peran petugas TPS perempuan, wujud kesetaraan gender

Ia mengatakan, KPUD Bali telah mensosialisasikan pada pilkada sekarang secara ketat mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari petugas KPPS wajib menggunakan APD.

"Dengan semua mengikuti protokol kesehatan pada Pilkada Serentak ini diharapkan tidak sampai menimbulkan klaster baru positif Covid-19. Saya berharap semuanya setelah melakukan pencoblosaran syarat suara, warga dengan tertib meninggalkan TPS untuk kembali ke masing-masing rumah," ujar dia.

Menurut dia, di tengah pandemi Covid-19, semua masyarakat pasti ada kekhawatiran datang ke TPS. Namun dengan persiapan secara matang dari KPUD Bali hingga ke tingkat KPPS, mudah-mudahan kekhawatiran warga tidak mempengaruhi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Baca juga: Danrem Wira Satya ingatkan TNI tetap jaga netralitas di Pilkada 2020

Sehari sebelumnya Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, meninjau ke sejumlah TPS di empat kecamatan Denpasar bersama jajaran KPUD Denpasar dan lain-lain. 

"Saya memantau persiapan di masing-masing TPS sudah sesuai prosedur. Termasuk juga telah mengikuti protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan beserta kelengkapannya. Sehingga warga yang menggunakan hak pilihnya ke TPS tidak ragu lagi melakukan pencoblosan surat suara," ucapnya.

Baca juga: KPU Bali catat 5.511 pemilih pilkada belum perekaman KTP elektronik

Hal yang sama juga dilakukan Gubernur Bali, Wayan Koster, yang memantau kesiapan TPS di sejumlah kabupaten di Pulau Dewata. Dari pemantauan TPS semuanya sudah sesuai aturan dan memenuhi aturan protokol kesehatan.

"Dari pemantauan ke lapangan pelaksanaan Pilkada Serentak sudah siap. Di masing-masing TPS sudah terpenuhi sarana protokol kesehatan," kata dia.


 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020