Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Anggota Komite III DPD Kalimantan Barat, Erlinawati, mengatakan, protokol kesehatan sudah diterapkan dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Kapuas Hulu sebagai kabupaten perbatasan antara Indonesia-Malaysia.
 
"Saya sudah meninjau beberapa TPS di Kapuas Hulu, Alhamdulillah di TPS menerapkan prokes sesuai ketentuan," kata dia, di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.
 
Ia menyatakan, di beberapa TPS yang ia kunjungi terlihat masyarakat antusias menggunakan hak pilih di TPS menggunakan standar prokes dengan aman dan tertib.

Baca juga: Kontestan Pilkada di Bali harap warga patuhi protokol kesehatan
 
Menurut dia, penerapan prokes pada Pilkada serentak memang sesuatu yang wajib di laksanakan di tengah pandemi Covid-19.
 
"Saya lihat petugas TPS dan masyarakat pemilih menggunakan APD, di antaranya masker, sarung tangan, tempat mencuci tangan dan alat pengukur suhu badan, semua sudah sesuai standar prokes," ucap dia.
 
Senator asal Kapuas Hulu Kalimantan Barat itu berharap tidak ada klaster baru Covid-19 selama pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Baca juga: Pemprov Jatim kerahkan Tagana Ke TPS ingatkan protokol kesehatan
 
Ia pun mengimbau agar penerapan Prokes di tengah masyarakat tidak hanya saat pelaksanaan Pilkada, namun harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya dalam mencegah sebaran wabah Covid-19.
 
"Dalam setiap kesempatan kami selalu mengimbau agar masyarakat disiplin menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Erlinawati.
 
Mantan anggota DPRD Kapuas Hulu ini juga mengimbau agar semua pihak mewujudkan Pilkada aman, damai dan sehat. "Siapa pun yang terpilih sebagai pemimpin Kapuas Hulu itulah pilihan masyarakat, tetap jaga persatuan dan kesatuan," kata dia. 

Baca juga: TPS di Kalsel siap terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020