Manado (ANTARA) - Pejabat Kementerian Dalam Negeri menyatakan, kementerian itu memantau langsung pelaksanaan Pilkada yang digelar di 270 wilayah di Indonesia.

"Jadi ada tim yang disebar ke seluruh wilayah yang melaksankan pilkada. Tim ini memantau seperti apa persiapan di TPS, penyelenggara Bawaslu dan KPU serta desk Pilkada," kata Direktur Ekososbud Kementerian Dalam Negeri, La Ode Ahmad di Manado, Rabu. 

Ia juga memantau pemungutan suara di TPS III Bumi Beringin, Manado. Dari informasi yang diperoleh dari penyelenggara, sebut dia, kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada wali kota/waki wali kota, bupati/waki bupati maupun gubernur dan wakil gubernur, telah siap.

Baca juga: Kemendagri pantau pelaksanaan Pilkada di Medan

"Pada prinsipnya di Sulawesi Utara sudah siap, sejak pagi kami pantau di lapangan antusias warga datang ke TPS untuk memilih, semua berjalan baik, suasana kondusif," ujarnya.

Bahkan tidak kalah pentingnya, sebut dia, masyarakat yang datang menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak sebelum masuk ke TPS.

Baca juga: Ketua DPD harap masyarakat tidak anggap remeh COVID-19

"Kondisi ini (masyarakat terapkan protokol kesehatan) sudah tersosialisasi dengan baik sehingga masyarakat patuh dan penuh perhatian menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Tim Kementerian Dalam Negeri yang datang ke Sulawesi Utara, sebut dia, bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya memantau kondisi pemungutan suara.

"Bersyukur sampai hari ini belum ada kekurangan, mudah-mudahan semua dilaksanakan seusia sesuai payung hukum, logistik tidak ada hambatan, termasuk logistik alat pelindung diri yang didistribusikan bersama dengan logistik pilkada," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu RI pantau kesiapan pilkada di empat kabupaten di Papua

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020