Wagub Banten pastikan penerapan prokes di TPS diterapkan dengan baik

Wagub Banten pastikan penerapan prokes di TPS diterapkan dengan baik

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon pada hari pemungutan suara Pilkada serentak 2020. (Mulyana)

Cilegon (ANTARA) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di TPS pada hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2020.

"Ini kami lakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah pusat melalui gugus tugas COVID-19," kata Andika usai meninjau TPS 01 Kelurahan/Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu.

Sebelumnya Wagub bersama rombongan tersebut meninjau sejumlah TPS di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Andika mengatakan penerapan protokol kesehatan COVID-19 mutlak harus dilakukan dalam penyelenggaraan pilkada kali ini untuk mencegah penyebaran COVID-19 sehingga menciptakan kluster baru.

Baca juga: Anggota DPD tinjau penerapan prokes Pilkada wilayah perbatasan

Baca juga: Kontestan Pilkada di Bali harap warga patuhi protokol kesehatan

Hasil pantauan, kata Andika, menunjukkan protokol kesehatan COVID-19 dalam Pilkada 2020 telah diterapkan secara optimal oleh penyelenggara pilkada di TPS.

"Kami juga menerima laporan sejauh ini di TPS lainnya protokol kesehatan telah diterapkan dengan baik," kata wagub.

Wagub menyebut dirinya menyaksikan para petugas TPS telah menerapkan protokol kesehatan seperti memberi pengumuman tentang jaga jarak saat antre di luar TPS, mencuci tangan dan menggunakan masker.

"KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) juga kami lihat menyediakan masker bagi pemilih yang kebetulan tidak membawa masker," ujarnya.

Wagub juga mengaku menyaksikan petugas ketertiban mengecek suhu tubuh pemilih dan memberikan sarung tangan plastik kepada pemilih.

Pada kesempatan tersebut wagub juga mengimbau warga pemilih untuk memanfaatkan hak pilihnya dengan mendatangi TPS dan memberikan suara.

Kata Andika, salah satu bagian terpenting dari proses pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat agar bisa memilih dan menghasilkan pemimpin yang mempunyai integritas dan kualitas tinggi.

Sementara itu Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menjamin penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Banten aman dan kondusif. Untuk itu dia meminta masyarakat calon pemilih untuk datang ke TPS dan memberikan suaranya.

"Aman. Protokol kesehatan diterapkan. Keamanan juga kondusif. Silahkan datang ke TPS," kata Kapolda Banten.

Untuk diketahui Pilkada serentak 2020 di Banten digelar di Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan. 
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker #cucitanganpakaisabun #jagajarak

Pewarta: Mulyana
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penjabat Gubernur pastikan PSU Pilgub Jambi terapkan prokes ketat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar