Forkopimda Jatim tinjau pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak

Forkopimda Jatim tinjau pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak

Pejabat Forkopimda Jatim saat meninjau proses pemungutan suara di Pilkada serentak, Rabu (09/12/2020). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jatim/fa/am.

Kami ingin melihat langsung pelaksanaan Pilkada berjalan lancar, sekaligus memastikan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19
Surabaya (ANTARA) - Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur meninjau pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

"Kami ingin melihat langsung pelaksanaan Pilkada berjalan lancar, sekaligus memastikan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu.

Turut dalam peninjauan tersebut Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Kabinda Jatim Brigjen TNI Syafei Kusno, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, serta beberapa Kepala OPD Pemprov setempat.

Pada titik pertama, rombongan meninjau TPS 8 di Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Baca juga: Menggunakan hak pilih di tengah bencana

Baca juga: Ketua DPD RI tinjau kesiapan Pilkada di Jatim


Gubernur Khofifah meninjau TPS 8 untuk mengecek pelaksanaan protokol kesehatan yang ada di TPS tersebut, sekaligus juga meninjau bilik khusus yang disiapkan KPPS untuk pemilih bersuhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celsius.

Secara khusus, Khofifah juga mengapresiasi langkah KPPS yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menyebut bahwa langkah ini memang harus dilakukan di tiap TPS untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Memang KPPS harus tegas dan menjalankan protokol kesehatan ketat. Ini hajat kita bersama, ini tugas kita juga untuk memastikan kesehatan masyarakat terjaga," tutur-nya.

Selanjutnya, Gubernur Khofifah beserta rombongan melanjutkan peninjauan di TPS 10 di Jalan Sultan Agung Kelurahan Purutrejo, Kota Pasuruan.

Mantan Menteri Sosial itu kembali mengingatkan dan menegaskan bahwa semua harus pada posisi saling menjaga karena penyebaran COVID-19 masih belum berakhir.

Pilkada Serentak di Jatim digelar 9 Desember 2020 di 19 kabupaten/kota, yakni Kota Surabaya, Blitar, Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Gresik, Jember, Lamongan, Malang, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Kabupaten Sumenep, Trenggalek, dan Tuban.

Baca juga: Wagub Emil dan Arumi ikut gunakan hal pilih di Pilkada Trenggalek

Baca juga: Gubernur Jatim borong dawet, bubur, dan rujak usai salurkan hak suara

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jeda Pilkada & Pemilu 2024, KPU tunggu Komisi II DPR

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar