Partisipasi pemilih pilkada di Mukomuko capai 80 persen

Partisipasi pemilih pilkada di Mukomuko capai 80 persen

Seorang masyarakat Desa Ujung Padang, Kabupaten Mukomuko mengisi absen untuk menggunakan hak pilih di TPS 1 di belakang Kantor Desa Ujung Padang. (Dok.Antarabengkulu.com)

Partisipasi pemilih mencapai rata-rata sekitar 80 persen
Mukomuko (ANTARA) - Partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih dalam Pilkada Serentak 2020 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu, mencapai rata-rata sekitar 80 persen.

Berdasarkan pantauan di TPS 1 Desa Ujung Padang, Rabu, sebanyak 317 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), dan empat DPT tambahan, sebanyak 252 orang di antaranya yang menggunakan hak pilihnya.

Pelaksana Tugas Kepala Desa Ujung Padang Padli mengatakan, partisipasi masyarakat di wilayah ini yang menggunakan hak pilih di TPS 1 ini termasuk tinggi hampir mencapai 80 persen.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 317 orang warga setempat yang masuk dalam DPT tersebut, hanya sebanyak 65 orang warga setempat yang tidak menggunakan hak pilih di TPS 1 wilayah ini.

“Tingkat partisipasi masyarakat di daerah ini yang menggunakan hak pilihnya di TPS ini hampir sama dengan target partisipasi pemilih pilkada yang ditetapkan oleh KPU, yakni lebih dari sebesar 80 persen,” ujarnya pula.

Kemudian partisipasi pemilih di TPS 2 Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko lebih dari sebesar 80 persen. Dari sebanyak 368 lembar surat suara yang diterima oleh KPPS di TPS ini, hanya tersisa sebanyak 45 lembar.

Petugas TPS 1 Kelurahan Pasar Mukomuko Nova mengatakan sebanyak 359 warga yang masuk dalam DPT di TPS ini dan sebanyak 14 orang warga yang memilih menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) atau yang masuk dalam DPT tambahan di TPS ini.

Ia menjelaskan, masih ada sebanyak puluhan orang warga di wilayah ini yang masuk dalam DPT di TPS ini, tetapi tidak menggunakan hak pilih karena kebanyakan adalah mahasiswa.

“Banyak pemilih di TPS ini yang pergi keluar daerah ini untuk melanjutkan pendidikan dan kebanyakan dari mereka ini adalah mahasiswa dari daerah ini yang namanya masih ada dalam DPT di TPS ini,” ujarnya pula.
Baca juga: Belasan anggota KPPS reaktif COVID-19 di Kabupaten Mukomuko mundur
Baca juga: KPU Kabupaten Mukomuko kekurangan 994 surat suara pilkada

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar