MPR RI ajak warganet sampaikan nilai-nilai Empat Pilar

MPR RI ajak warganet sampaikan nilai-nilai Empat Pilar

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono (tengah) hadir dalam acara "Ngobrol Bareng Warganet Jakarta", Selasa (8/12). Hadir juga pada acara tersebut Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah (kiri) dan Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga MPR Budi Muliawan (kanan). (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono mengajak para warganet atau netizen ikut bersama-sama dengan MPR menyampaikan nilai-nilai Empat Pilar kepada lintas generasi.

"Jangan sampai karena sosialisasi dilakukan generasi yang berbeda, malah menciptakan hambatan dalam menyampaikan Empat Pilar kepada generasi muda. Pasalnya, meski beda generasi, mimpi tentang ke Indonesia-an itu tetap sama, sehingga Empat Pilar harus terus disosialisasikan," kata Ma'ruf dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Ma'ruf pada acara "Ngobrol Bareng Warganet, Jakarta, Selasa (8/12). Ikut hadir pada acara tersebut Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah dan Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar-Lembaga MPR Budi Muliawan.

Ma'ruf mengatakan keterlibatan warganet dalam menyampaikan Empat Pilar MPR RI di kalangan generasi muda diharapkan lebih mengena.

Baca juga: MPR ajak "netizen" sebarluaskan program lembaga

Baca juga: MPR: Sosialisasi selalu dibutuhkan, ibarat ponsel butuh "charger"


Hal itu menurut dia karena gaya dan bahasa yang dipakai para warganet mudah dipahami dan lebih dekat dengan anak-anak muda.

"Diharapkan, setelah pesan Empat Pilar itu disampaikan, para warganet bisa paham, dan melaksanakan dalam kehidupan sehari hari. Bahkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitarnya. Warganet menjadi mulia pada saat mereka memberikan pesan yang mulia, salah satunya adalah pesan-pesan Empat Pilar seperti seorang guru yang sedang mendidik murid-muridnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI adalah satu metode dari MPR untuk menyonsialisasikan nilai-nilai luhur bangsa, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan bhinneka tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Menurut dia, Sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan MPR merupakan perintah dari Undang Undang nomor 13 tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3).

Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah berharap para warganet bisa menyampaikan pesan-pesan Empat Pilar yang didapat kepada para pengikutnya atau "follower" masing-masing.

"Banyak ide yang bisa dituliskan terkait Empat Pilar MPR, disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari, misalnya, menyangkut gotong royong dan tolong menolong yang bisa dibangkitkan selama pandemik COVID-19 saat ini," tutur-nya.

Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar-Lembaga dan Layanan Informasi Budi Muliawan meyakin para warganet bisa menyampaikan pesan Empat Pilar MPR RI dengan baik.

Hal itu menurut dia seperti pesan-pesan positif dan juga nilai-nilai kebaikan yang patut disampaikan kepada masyarakat karena dengan menyampaikan pesan positif dan nilai-nilai kebaikan bisa mengeliminir kemungkinan maraknya berita hoaka di media sosial.

Baca juga: MPR sosialisasi Empat Pilar lewat seni calung

Baca juga: Anggota MPR RI Syaifullah Tamliha sosialisasi empat pilar kebangsaan


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Sore

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar