Paslon Fauzi-Eva unggul sementara di SIREKAP KPU Sumenep

Paslon Fauzi-Eva unggul sementara di SIREKAP KPU Sumenep

Data sementara perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep di Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara (SIREKAP) KPU Sumenep, hingga pukul 18.44 WIB. (Abd Aziz)

Ini hanya sementara, dan tidak menutup kemungkinan keunggulan perolehan suara akan berubah
Sumenep (ANTARA) - Pasangan calon Bupati Sumenep nomor urut 1 Ahmad Fauzi dan wakilnya Dewi Khalifah sementara unggul 51,1 persen berdasarkan hasil penghitungan Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara (SIREKAP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, sedangkan pasangan Fattah Jasin-KH Ali Fikri 48,9 persen.

"Ini hanya sementara, dan tidak menutup kemungkinan keunggulan perolehan suara akan berubah," kata Komisioner KPU Sumenep Rafiqi di Sumenep, Rabu malam.

Berdasarkan data SIREKAP yang dipantau ANTARA hingga pukul 18.44 WIB malam ini, total data pemilih yang masuk dalam sistem informasi yang mengacu kepada hasil peroleh suara di tempat pemungutan suara (TPS) itu, keunggulan pasangan Fauzi-Eva baru pada 63 TPS, dari 2.500 TPS yang tersebar di 27 kecamatan se-Kabupaten Sumenep.

Fauzi-Eva sementara unggul di Kecamatan Kota Sumenep, Kalinget, Manding, dan Kecamatan Talango, Pragaan, Manding, dan Kecamatan Ambunten.

Baca juga: KPU Kabupaten Sumenep umumkan jumlah DPS 823.543 orang

Baca juga: Logistik TPS Pulau Masalembu mulai dikirim menggunakan kapal


Sedangkan pasangan calon bupati Fattah Jasin-KH Ali Fikri unggul di Kecamatan Pasongsongan, Gayam (kepulauan), Nonggunong dan Kecamatan Raas, Keulauan Sumenep.

Sementara itu, tim pemenangan pasangan calon (paslon) 1 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah, Rabu malam telah menggelar siaran pers dan mengklaim menang atas lawan politiknya Fattah Jasin-KH Ali Fikri, berdasarkan hasil hitung cepat tim internal tim.

Tim Fauzi-Eva mengklaim meraih dukungan 51,69 persen suara, sedangkan Fattah Jasin-KH Ali Fikri 48,31 persen.

Namun tim pemenangan Fattah Jasin-KH Ali Fikri menyatakan, siaran pers tim Fauzi-Eva itu hanya sebatas klaim, karena pihaknya juga mengantongi data berbeda, yakni justru pasangan Fattah-KH Ali Fikri yang unggul dengan perolehan 53,44 persen, dan 46,56 persen untuk Fauzi-Eva.

Pilkada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kali ini diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan calon dengan nomor urut 1 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah dan pasangan calon nomor urut 2 Fattah Jasin-KH Ali Fikri.

Pasangan Calon Bupati Sumenep Ahmad Fauzi-Dwi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan Pasangan calon Fattah Jasin dan Wakilnya KH Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem. Partai Hanura, dan Golkar sebagai Partai pendukung.

Sebanyak 18.642 petugas penyelenggara pemilu yang terdiri dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 17.500 orang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) 1.002 orang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 135 orang, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 5 orang dilibatkan pada pesta demokrasi lima tahunan ini, dengan personel keamanan sebanyak 1.200 orang.

Saat pencoblosan, Ahmad Fauzi menggunakan hak suaranya di TPS 03 Desa Torbang, Kecamatan Batuan, dan wakilnya Dewi Kholifah di TPS 07, Desa Pandian, Kecamatan Kota Sumenep.

Sedangkan Calon Bupati Fattah Jasin masuk dalam daftar pemilih tetap di TPS 2 Kelurahan Kepanjin Kecamatan Kota Sumenep dan wakilnya KH Ali Fikri di TPS 06 Desa Guluk-Guluk, Kecamatan Guluk-Guluk.

Baca juga: KPU Sumenep mulai distribusikan logistik pilkada ke kepulauan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tunggu surat MK, KPU belum tetapkan Gubernur Jambi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar