BNNK Jaksel ajak artis ciptakan lingkungan bebas narkoba

BNNK Jaksel ajak artis ciptakan lingkungan bebas narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan Dik Dik Kusnadi. ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.

bukan bermaksud untuk memenjarakan para artis, tetapi untuk mengajak para artis berhenti mengkonsumsi narkoba
BNNK Jaksel Bidik Artis Bentuk (ANTARA) - Badan Narkotik Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan mengajak para artis untuk ikut menciptakan lingkungan bersih dari narkoba (Bersinar) guna mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan selebritas.

"Dalam waktu tidak terlalu lama, kita sudah bincang-bincang dengan Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta untuk kegiatan Lingkungan Bersinar di kalangan artis," kata Kepala BNNK Jakarta Selatan Dik Dik Kusnadi, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Iyut Bing Slamet jalani rehabilitasi di RSKO Cibubur

Dik Dik mengatakan Lingkungan Bersinar menjadi strategi pihaknya dan jajaran kepolisian untuk membangun kesadaran tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

BNNK menyasar Bersinar ini ada di lingkungan kerja, lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat dan lingkungan komunitas, salah satunya lingkungan sineas atau pemeran film maupun sinetron di Tanah Air.

Baca juga: Iyut akui salah jalan

"Nanti kita bersama PARFI mengundang mereka yang terlibat dalam kelompok sineas, kita orientasikan Bersinar, kita hadir dengan humanis," kata Dik Dik.

Menurut Dik Dik, kehadiran BNNK dan Kepolisian dalam Lingkungan Bersinar bukan bermaksud untuk memenjarakan para artis, tetapi untuk mengajak para artis berhenti mengkonsumsi narkoba, atau proses hukum akan berjalan.

Dalam Lingkungan Bersinar ini, lanjut dia, ada indikator-indikator yang harus dijalani, diawali dengan penandatanganan pakta integritas, lalu sosialisasi dan akan ada tes urine secara mendadak bagi artis-artis yang berprilaku mencurigakan.

"Di awal ada sosialisasi tapi diujungnya ada tindakan tegas. Intinya kita tidak mau para artis ini berakhir di penjara," kata Dik Dik.

Baca juga: Polisi tunggu rekomendasi BNNK Jaksel terkait rehabilitasi Dwi Sasono

BNNK Jakarta Selatan telah membentuk Lingkungan Bersinar bersama jajaran Kodim 0504/Jakarta Selatan, lalu di Kelurahan Manggarai untuk Lingkungan Bersinar di masyarakat.

"Kunci dari pencegahan ini adalah menumbuhkan kesadaran, karena kalau semua sudah sadar bahwa narkoba itu proses mempercepat menuju tiga tempat, yaitu rumah sakit jiwa, penjara atau kuburan," kata Dik Dik.

Wilayah Jakarta Selatan kerap terjadi penangkapan artis terlibat narkoba, sebut saja Nunung Srimulat, Jefri Nichol, Tio Pakusadewo, Dwi Sasono, Roy Kiyoshi, dan baru-baru ini Iyut Bing Slamet.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Metro gerebek pesta gay di Jakarta Selatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar