Sepak Bola Dunia

Bek Valencia asal Brazil Gabriel Paulista ingin bela Spanyol di EURO

Bek Valencia asal Brazil Gabriel Paulista ingin bela Spanyol di EURO

Bek Valencia kelahiran Brazil Gabriel Paulista saat tampil dalam lanjutan Liga Spanyol menghadapi Eibar di Stadion Ipurua, Eibar, Spanyol, Senin (7/12/2020). ANTARA/REUTERS/AFLO/Mutsu Kawamori.

Jakarta (ANTARA) - Bek Valencia asal Brazil Gabriel Paulista mengungkapkan keinginannya untuk membela tim nasional Spanyol di EURO tahun depan setelah paspor dwikewarganegaraannya terbit pada Rabu.

Paulista lahir dan dibesarkan di Sao Paulo serta baru meninggalkan Brazil dalam usia 22 tahun untuk bergabung dengan klub Spanyol, Villarreal, pada 2013.

Setelah dua tahun membela Arsenal, pada 2017 Paulista kembali ke Spanyol untuk berseragam Valencia dan sejak itu menjadi salah satu bek terpenting di sana dengan catatan lebih dari 100 penampilan untuk klub yang bermarkas di Mestalla tersebut.

Baca juga: Spanyol cukur Jerman 6-0 untuk melangkah ke empat besar Nations League

Paulista sejauh ini sudah enam kali memperkuat timnas Brazil tetapi tidak pernah turun ke lapangan dan tahun lalu sempat mengungkapkan keinginannya untuk membela Spanyol.

"Saya sudah menunggu begitu lama untuk momen ini dan saya sangat senang," kata Paulista sebagaimana dilansir dari laman resmi Valencia.

"Saya sudah lama menginginkan kewarganegaraan Spanyol agar bisa terus berkembang bersama Valencia dan saya juga ingin membela timnas Spanyol, serta bisa tampil di putaran final EURO 2020," ujarnya menambahkan.

Keinginan Paulista itu sempat tidak luput dari perhatian pelatih kepala Spanyol, Luis Enrique, yang menilai hal itu bagus karena berarti makin banyak pemain hebat yang ingin membela La Furia Roja.

"Itu kabar baik bagi seorang pelatih, sebab semakin banyak pemain hebat yang ingin mengenakan seragam timnas, maka semakin baik," ujarnya.

Baca juga: Luis Enrique geli lihat laga sepakbola tanpa penonton
Baca juga: Luis Enrique bela Sergio Ramos usai gagal eksekusi dua penalti


Paulista bisa menjadi pemain kelahiran Brazil berikutnya yang membela Spanyol setelah mantan gelandang Villarreal Marcos Senna dan penyerang Atletico Madrid Diego Costa.

Senna mendapat kewarganegaraan Spanyol pada 2006 dan pada tahun yang sama tampil di Piala Dunia serta memainkan peranan penting ketika Tim Matador menjuarai EURO 2008, yang merupakan trofi bergengsi pertama negara itu dalam 44 tahun.

Sedangkan Costa --yang sempat tampil membela Brazil dalam dua laga persahabatan internasional-- pindah kewarganegaraan Spanyol dan tampil di Piala Dunia 2014 di tanah kelahirannya, Brazil.

Costa sejauh ini sudah mengemas 10 gol dalam 26 penampilan bersama Spanyol, tetapi belum dipanggil lagi sejak terakhir kali bermain di Piala Dunia 2018.

Baca juga: Italia persembahkan sukses Nations League sebagai hadiah bagi Mancini
Baca juga: Wales menangkan laga penentuan tiket promosi melawan Finlandia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar