Sugiri-Lisdyarita klaim menang atas petahana di Pilkada Ponorogo

Sugiri-Lisdyarita klaim menang atas petahana di Pilkada Ponorogo

Ilustrasi - Warga menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 bertema adat saat pemungutan suara Pilkada Serentak 2020, di Magersari, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020). Pelaksanaan pemungutan suara yang digelar serentak di 298.939 TPS dan 270 daerah tersebut menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. ANTARA/Umarul Faruq/Um.

Ponorogo (ANTARA) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo nomor urut 1 Sugiri Sancoko- Lisdyarita mengklaim menang atas pasangan petahana Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ponorogo 2020 yang digelar Rabu 9 Desember 2020.

"Alhamdulillah. Doa kita semua dimenangkan Allah SWT. Kemenangan ini berasal dari kumpulan doa Ponorogo, wong cilik membumbung tinggi ke angkasa lalu Allah menjawabnya," ujar Cabup Sugiri saat memberikan keterangan pers di Ponorogo, Rabu malam.

Dalam kegiatan yang didampingi oleh para relawan, tim sukses, dan pengurus partai politik pendukung, Sugiri menjelaskan dalam hitung cepat yang dilakukan oleh timnya, pasangan Sugiri-Lisdyarita berhasil memperoleh suara sebanyak 65,20 persen. Sedangkan pasangan Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono meraih 34,80 persen.

Baca juga: Round Up - Pilkada Serentak di 19 kabupaten dan kota di Jatim

Angka itu diperoleh berdasarkan laporan saksi di 862 sampling tempat pemungutan suara (TPS) dari sebanyak 2.080 TPS yang tersebar di seluruh desa dan kecamatan di Ponorogo.

"Dengan hasil tersebut kami meyakini pasangan calon nomor 01 Sugiri Sancoko dan Lisdyarita memenangi Pilkada Ponorogo 2020. Meski demikian, kita tetap harus menunggu penghitungan resmi dari KPU," katanya.

Sugiri dan pasangannya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Ponorogo yang telah menjalankan proses demokrasi yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogi periode 2021-2024 dengan baik.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh pengurus struktural partai, relawan, kader, dan simpatisan yang telah memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor 1, Sugiri-Lysdiarita.

"Kami dan Bunda Lisdyarita siap untuk amanah membuktikan visi dan misi ketika kampanye," kata dia.

Baca juga: Seorang pemilih di Kabupaten Malang meninggal saat akan mencoblos

Sementara itu, pelaksanaan Pilkada Ponorogo 2020 berjalan lancar dengan pengamanan ketat personel Polres Ponorogo dan Kodim Ponorogo.

Dalam pemungutan suara yang berlangsung sejak Rabu pagi hingga siang, hanya calon Wakil Bupati nomor urut 2 Bambang Tri Wahono yang menyalurkan hak pilihnya. Adapun pasangannya, Ipong Muchlissoni tidak mencoblos karena sakit. Sedangkan Sugiri dan Lisdyarita tidak memiliki hak pilih karena tercatat beralamat di luar Ponorogo.

Pilkada Ponorogo 2020 diikuti oleh dua pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut 1 Sugiri Sancoko- Lisdyarita diusung oleh PDIP, PAN, PPP, dan Partai Hanura dengan jumlah sembilan kursi DPRD Ponorogo.

Sedangkan pasangan calon nomor 2 petahana Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono diusung Partai Nasdem, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Golkar, dan PKS dengan kekuatan 36 kursi legislatif.

Baca juga: Forkopimda Jatim tinjau pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bersenjatakan bambu runcing, petugas lakukan operasi yustisi di Baubau

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar