Mnet jawab tuduhan diskriminasi pada idola K-pop di MAMA 2020

Mnet jawab tuduhan diskriminasi pada idola K-pop di MAMA 2020

Para pemenang dan penampil di MAMA 2020: GOT7, MAMAMOO, TWICE, dan BTS. ANTARA/Twitter/MnetMAMA.

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) membantah tuduhan mendiskriminasi para penyanyi idola K-pop selama penyelenggaraan acara yang berlangsung tanpa penonton di Paju, Provinsi Gyeonggi, pada Minggu (6/12) secara daring.

Mereka diketahui hanya menyediakan ruang tunggu bagi aktor - yang diundang sebagai presenter, bukan untuk para idola K-pop yang memenangkan penghargaan. Akibatnya, para penyanyi harus menunggu di dalam kendaraannya dan harus menggunakan toilet portabel.

"Kami tidak pernah membeda-bedakan penyanyi dan aktor, tetapi harus mematuhi pedoman karantina yang tidak mengizinkan lebih dari 100 orang berkumpul bersama di dalam ruangan. Jadi kami tidak memiliki ruang tunggu yang cukup untuk semua peserta," kata seorang pejabat MAMA seperti dilansir dari The Korea Times, Kamis.

Baca juga: Yovie Widianto raih Best Composer di MAMA 2020

Baca juga: Tiara Andini tak menyangka raih penghargaan MAMA 2020


Menurut pihak MAMA, para aktor membutuhkan ruang untuk mempersiapkan gladi bersih, tetapi penyanyi tidak perlu melakukannya karena sebagian besar penampilan mereka sudah direkam sebelumnya.

Mereka beralasan, menyediakan ruang untuk para aktor karena mereka memiliki lebih sedikit anggota staf.

Tak hanya soal ruang tunggu, beberapa penggemar juga mempermasalahkan para aktor yang berada di atas panggung tanpa mengenakan masker.

Mengenai ini pihak MAMA mengatakan, sebenarnya para presenter dan penerima penghargaan tidak diharuskan memakai masker di depan kamera tetapi sebagian mereka melakukannya dengan sukarela.

MAMA yang diluncurkan pada tahun 1999 dengan nama "Mnet KM Music Festival" (MKMF) lalu berubah menjadi MAMA pada tahun 2009, menjadi salah satu penghargaan musik terbesar di Korea Selatan.

Tahun ini, sederet artis K-pop hadir dalam acara yang dipandu aktor Song Joong-ki itu antara lain Bangtan Sonyeondan (BTS), TWICE, NCT, SEVENTEEN, GOT7, The Boyz, MAMAMOO dan BoA.

Baca juga: Stray Kids hingga The Boyz akan bersaing di "Kingdom"

Baca juga: BTS hingga GOT7, ini daftar lengkap pemenang MAMA 2020

Baca juga: Rizky Febian dan Tiara Andini sabet penghargaan di MAMA 2020

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar