jembatan lintas Leuser sudah bisa dilalui
Meulaboh (ANTARA) - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 0108 Aceh Tenggara bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan penanganan perbaikan jembatan yang putus akibat longsor, di kawasan Desa Kane Mande, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

“Saat ini, jembatan lintas Leuser menghubungkan Desa Kene Mende ke Desa Bukit Bintang Indah Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara sudah bisa dilalui,” kata Komandan Kodim 0108 Aceh Tenggara Letnan Kolonen Infanteri Robbi Firdaus dalam keterangan tertulis diterima di Meulaboh, Aceh Barat, Kamis.

Menurutnya, arus lalu-lintas di jalur penghubung antara Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara hingga Kamis siang sudah bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Dandim menyebutkan, pemerintah daerah setempat dibantu personel TNI Posramil Lauser-Polsek dan BPBD Kabupaten Aceh Tenggara melakukan respons cepat, dengan cara melakukan perbaikan jembatan penghubung yang rusak sejak pekan lalu setelah diterjang tanah longsor.

Baca juga: 48 rumah di Aceh Tenggara rusak diterjang banjir bandang

Baca juga: BMKG: Barat-selatan dilanda tekanan rendah di tenggara Aceh


Ia juga mengakui bencana alam yang terjadi beberapa hari lalu di Kabupaten Aceh Tenggara, selain menghanyutkan dan menenggelamkan rumah warga, juga mengakibatkan satu unit jembatan jalan lintas provinsi di Desa Kane Mande, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara turut terputus akibat diterjang derasnya banjir.

Atas kejadian itu, jalur transportasi penghubung antar Provinsi Aceh-Sumut sempat tidak bisa dilalui kendaraan selama beberapa hari.

“Baik rumah, banjir merusak lahan pertanian. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun bencana alam ini menimbulkan kerugian material bagi masyarakat terdampak,” katanya.

Perbaikan jembatan yang rusak tersebut merupakan bentuk tindakan cepat dari TNI, Polri dan Pemkab Aceh Tenggara guna membantu masyarakat untuk melakukan perbaikan jembatan penghubung antara Aceh dan Sumatera Utara tersebut, ujarnya.

Baca juga: BPBD perbaiki jembatan putus di Aceh Tenggara dengan pohon kelapa

Baca juga: Aceh Tenggara siaga 16 titik DAS berpotensi banjir

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020