KPI berikan penghargaan Anugerah KPI 2020 kepada Wali Kota Banda Aceh

KPI berikan penghargaan Anugerah KPI 2020 kepada Wali Kota Banda Aceh

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan sambutan usai menerima Anugerah KPI 2020 kategori Kepala Daerah Peduli Penyiaran di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Kamis (10/12/2020). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Untuk mendapat penghargaan ini, kami harus melakukan berbagai kegiatan di Kota Banda Aceh, pertama sekali kami melakukan Wali Kota Menjawab dan 'Banda Aceh Traffic Update'
Jakarta (ANTARA) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan piala dan piagam kemenangan Anugerah KPI 2020 kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Kamis.

Aminullah mengatakan untuk mendapat penghargaan tersebut, dirinya harus membuka akses informasi publik dengan baik, terutama dengan menghadirkan program Wali Kota Menjawab dan "Banda Aceh Traffic Update" melalui radio.

"Untuk mendapat penghargaan ini, kami harus melakukan berbagai kegiatan di Kota Banda Aceh, pertama sekali kami melakukan Wali Kota Menjawab dan 'Banda Aceh Traffic Update'," kata Aminullah kepada ANTARA di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Kamis.

Aminullah menjelaskan program Wali Kota Menjawab adalah kegiatan rutin wali kota setiap bulan yang akan menampung aspirasi masyarakat Banda Aceh melalui siaran radio selama dua jam.

Itu terus dia lakukan dengan harapan agar masyarakat Banda Aceh dapat terlayani seluruhnya oleh wali kota mereka.

Baca juga: Anugerah KPI 2020 beri penghargaan kepala daerah inspirasi penyiaran

Baca juga: Khofifah manfaatkan radio sampaikan kebijakan pemda secara masif


"Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan segala sesuatu unek-unek tentang kelemahan dan kemajuan pembangunan di Banda Aceh. Sehingga saya selaku Wali Kota bisa mengambil kesimpulan dan mengambil keputusan dan tindakan-tindakan untuk Kota Banda Aceh," tutur Aminullah.

Dia menyadari bahwa tidak mungkin dirinya bisa menjangkau masyarakat satu-persatu secara langsung karena keterbatasan waktu pekerjaan yang dimiliki.

Karena itu, pemanfaatan lembaga penyiaran, khususnya radio, menjadi penting dalam mensosialisasikan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menerima piala Anugerah KPI 2020 di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Kamis (10/12/2020). (ANTARA/ Abdu Faisal)


Kedua, Wali Kota Banda Aceh juga memberikan pelayanan masyarakat berupa informasi lalu lintas (traffic update) melalui siaran radio.

Ia menyadari informasi lalu lintas tersebut juga dibutuhkan oleh masyarakat Banda Aceh karena di jalan raya kadang terjadi kemacetan lalu lintas.

Tapi dengan melaksanakan penyiaran melalui traffic update pada setiap jam-jam padat di Banda Aceh, Aminullah berharap informasi yang diberikan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya selaku Wali Kota Banda Aceh, berkomitmen untuk selalu mendukung untuk televisi dan radio, dalam setiap kegiatan penyiaran. Sehingga tidak ada batas antara kami (pemda) dan awak media elektronik ini agar setiap informasi-informasi pada masyarakat bisa tersalurkan melalui penyiaran," ujar Aminullah menegaskan.

Baca juga: Wapres: KPI bertanggung jawab hadirkan siaran nyaman dan aman

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

UMKM Banda Aceh tumbuh pesat, angka kemiskinan terus menurun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar