Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI mendapat penghargaan sebagai lembaga penyiaran peduli pendidikan di masa pandemi versi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2020 ini.

"Pemenang kategori lembaga penyiaran peduli pendidikan di masa pandemi Anugerah KPI 2020 Televisi Republik Indonesia," demikian pengumuman yang tertera pada akun Instagram @kpipusat usai penyerahan Anugerah KPI 2020 yang berlangsung di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis.

Penghargaan itu, menurut Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, merupakan satu dari tiga kategori penghargaan yang spesifik diberikan KPI untuk memicu kreativitas lembaga penyiaran di tengah wabah Covid-19.

Selain kategori yang dimenangkan TVRI itu, ada dua kategori lainnya yaitu Lembaga Penyiaran Peduli Pandemi untuk Radio dan Televisi.

Kedua penghargaan itu diraih Metro TV dan RRI Pro-3 Jakarta.

"Kami memahami betul, teman-teman lembaga penyiaran begitu kesulitan untuk bisa berproduksi. Tetapi tugas dan tanggung jawab sebagai broadcaster, sebagai orang-orang kreatif harus terus dijalankan. Dan karena itu, mereka bekerja dengan penuh was-was. Di situlah ujian yang sangat luar biasa berat dan terima kasih untuk lembaga penyiaran," kata dia. 

Tiga kategori penghargaan itu, kata dia, dibuat untuk menggantikan kategori penghargaan yang sebelumnya selalu ada di Anugerah KPI tahun sebelumnya yaitu kategori penghargaan sepanjang masa (Lifetime Achievement).

Adapun penetapan pemenang berdasarkan perhitungan seberapa banyak iklan layanan masyarakat yang ditayangkan terkait protokol kesehatan, bagaimana perilaku lembaga penyiaran di layar kaca maupun di siaran radio, termasuk adlips (iklan yang diucapkan presenter atau penyiar dengan menyebutkan merek atau produk beserta materi iklan yang ingin disampaikan di dalam program acara), serta berapa banyak program-program khusus yang disajikan lembaga penyiaran terkait kepedulian pandemi Covid-19.

Selain itu, Mulyo menyampaikan dalam Anugerah KPI 2020 ini, KPI telah menerima sebanyak 235 program acara TV serta 144 program acara radio yang disiarkan atau ditayangkan medio November 2019 sampai November 2020.

Program-program tersebut akan memperebutkan 20 kategori lainnya yang diperlombakan terdiri dari 13 penghargaan untuk televisi, tiga penghargaan untuk radio, dan empat penghargaan khusus dalam Anugerah KPI tahun ini.

Adapun daftar pemenang 20 kategori Anugerah KPI 2020 lainnya tersebut adalah:

Penghargaan untuk Televisi
1. Kategori Program Anak diraih oleh Si Bolang (Trans 7)
2. Kategori Program Animasi diraih oleh Petualangan Si Unyil (Trans 7)
3. Kategori Program Drama Seri diraih oleh Amanah Wali 4 (RCTI)
4. Kategori Program Film Televisi (FTV) diraih oleh Sinema Wajah Indonesia (SCTV) dengan FTV berjudul Senyummu Surgaku
5. Kategori Program 'Talkshow' Berita diraih oleh Mata Najwa (Trans 7)
6. Kategori Program 'Talkshow' Non-Berita diraih oleh Michael Tjandra Luar Biasa (RTV)
7. Kategori Program Wisata Budaya diraih oleh Sapa Nusantara (Kompas TV) dengan episode berjudul Sumenep
​​​​​​​8. Kategori Program Berita/ Jurnalistik diraih oleh CNN Indonesia Connected (Trans 7)
9. Kategori Program Peduli Perempuan diraih oleh Berkas Kompas (Kompas TV)
10. Kategori Program Peduli Disabilitas diraih oleh Berkas Kompas (Kompas TV)
11. Kategori Program Dokumenter diraih oleh Melawan Lupa (Metro TV)
12. Kategori Program Iklan Layanan Masyarakat diraih oleh ILM Peduli Covid-19 versi Presenter TV One (TV One)
13. Kategori Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal diraih oleh Melihat Indonesia (Metro TV)
​​​​​​​
Penghargaan untuk Radio
1. Kategori Program Wisata Budaya diraih oleh Surga di Balik Seribu Musamus (RRI Merauke)
2. Kategori Program Iklan Layanan Masyarakat diraih oleh Public Service Announcement​​​​​​​ (PSA) Pilkada (Prambors Radio)
3. Kategori Program Penyiaran Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal diraih oleh Tak Patah Semangat Belajar Walau Minim Sinyal (RRI Sintang)
Daftar pemenang Anugerah KPI 2020 (ANTARA/ HO-Humas KPI)


Penghargaan Khusus
1. Kategori Radio Komunitas Terbaik diraih oleh Perkumpulan Lembaga Penyiaran Komunitas Radio Hanacaraka FM Daerah Istimewa Yogyakarta
2. Kategori Program Konten Lokal Berjaringan Terbaik diraih oleh Sapa Sulteng-Palu (Kompas TV) episode Suara Perdamaian dari Perempuan Poso
3. Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa)
4. Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran diraih oleh Wali Kota Banda Aceh (Aminullah Usman)

Penghargaan Khusus Pandemi Covid-19
1. Lembaga Penyiaran Peduli Pandemi kategori Televisi diraih oleh Metro TV
2. Lembaga Penyiaran Peduli Pandemi kategori Radio diraih oleh RRI Pro-3 Jakarta
​​​​​​​3. Lembaga Penyiaran Peduli Pendidikan di Masa Pandemi diraih oleh TVRI

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020