KPU Pohuwato prediksi partisipasi pemilih 86 persen

KPU Pohuwato prediksi partisipasi pemilih 86 persen

Ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali. (ANTARA/Susanti Sako)

Gorontalo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, memprediksi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sesuai target.

"Kami menargetkan 86 persen partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 di daerah ini," kata ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, di Pohuwato, Kamis.

Ia mengatakan, dari total 306 tempat pemungutan suara (TPS) di kabupaten tersebut, seluruhnya menyelesaikan pemungutan dan penghitungan suara dengan baik pada Rabu, 9 Desember 2020.

Baca juga: Partisipasi pemilih pilkada beberapa TPS di Banjarmasin lampaui target
Baca juga: KPU pertahankan target partisipasi pemilih pilkada meski COVID-19
Baca juga: Pakar: Target partisipasi pemilih tinggi untuk kuatkan legitimasi


Untuk hasilnya secara berjenjang akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan pada 10-14 Desember 2020, dilanjutkan di tingkat kabupaten pada 13-17 Desember 2020.

Saat ini, KPU kabupaten masih menunggu laporan dari seluruh kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di setiap TPS, terkait data jumlah pengguna hak pilih atau partisipasi pemilih.

Dari hasil monitoring di hari pemungutan suara, terdapat TPS yang partisipasi pemilihnya hampir mencapai 100 persen, atau 98 persen.

"Kita berharap kondisi tersebut merata di seluruh TPS agar target meningkatkan angka partisipasi pemilih dapat tercapai," katanya.

Optimisme kami sangat tinggi ucap Rinto, seiring pelaksanaan Pilkada yang berlangsung aman dan lancar.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar