Generasi milenial adalah generasi yang dekat dengan penetrasi media dan teknologi digital, merupakan agen potensial untuk mendorong investasi dalam negeri di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan generasi millenial merupakan agen potensial untuk mendorong peningkatan investasi di Indonesia.

Pasalnya, kata Menko Luhut, generasi millenial merupakan generasi yang paling dekat dengan media dan teknologi digital yang kini berkembang pesat.

"Generasi milenial adalah generasi yang dekat dengan penetrasi media dan teknologi digital, merupakan agen potensial untuk mendorong investasi dalam negeri di Indonesia," kata Menko Luhut Pandjaitan dalam sambutan secara virtual pada acara "Millenials Talk: The Rise of Indonesia’s Maritime and Investment," Kamis.

Oleh karena itu Menko Luhut mendorong peran millenial dalam dunia investasi. Menurut dia, salah satu upaya untuk menjadi Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah dengan menciptakan iklim berusaha dan investasi yang berkualitas bagi para pelaku bisnis.

Baca juga: BI: "New UMKM" milenial bakal jadi sumber pertumbuhan baru ekonomi RI

Bahkan Presiden Joko Widodo pun telah menginstruksikan untuk mengejar pertumbuhan investasi pada kuartal IV 2020 dan kuartal I 2021.

Di sisi lain, lanjut dia, potensi pasar digital tumbuh sangat menjanjikan. Penetrasi pasar internet setiap tahun meningkat sangat signifikan.

"Infrastruktur digital juga telah dibangun di seluruh pelosok negeri. Saya yakin ekonomi digital akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru," kata Menko Luhut.

Hal senada dikemukakan Sekretaris Kemenko Kemaritiman dan Investasi Agung Kuswandono. Ia berharap kegiatan Millenials Talk mampu mendorong untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca juga: Dorong realisasi investasi, Bahlil haramkan pungli di BKPM

Baca juga: Menko Luhut-Erick jajaki kerjasama investasi dengan UEA dan Arab Saudi


"Generasi milenial harus memiliki wawasan dan networking yang luas, harus membuka pikiran bahwa Indonesia itu merupakan negara yang sangat besar dengan segala kekayaan sumber daya alamnya. Oleh karena itu kegiatan ini dianggap penting sebagai wadah untuk menambah wawasan, pengetahuan dan networking, serta semakin mampu untuk berpikir out of the box," imbuh Agung.

Kegiatan ini dihadiri oleh generasi millenial perwakilan tiap kedeputian di lingkup Kemenko Marves, perwakilan tujuh kementerian/lembaga di bawah koordinasi Kemenko Marves, perwakilan universitas, penggiat media sosial, dan organisasi kemaritiman lainnya yang ada di kalangan generasi muda.

Ada pun narasumber yang hadir dalam kegiatan Millenials Talk di antaranya Niwa Rahmat (diplomat), Indra Kusuma Wardhana (Co-founder PT Bugatu Persada), Wafa Taftazani (Co-founder & President Commissioner Modal Rakyat), Ryan Manafe (Komisaris Surya Utama Nuansa), Fei Febri (Direktur Bank Sampah), Yoga Arie (Komisaris PT Aruna Industri Bintan), dan Sujiat Wati ( Agent Of Change Kemenko Marves).

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Generasi milenial harus jadi generasi emas



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020