Terobosan lain BERSEJARAH hari ini! Dua sahabat BESAR kita Israel dan Kerajaan Maroko telah menyetujui hubungan diplomatik penuh , sebuah terobosan besar untuk perdamaian di Timur Tengah!
Washington (ANTARA) - Israel dan Maroko pada Kamis (10/12) setuju untuk menormalisasi hubungan dalam kesepakatan yang ditengahi dengan bantuan Amerika Serikat.

Kesepakatan itu menjadikan Maroko negara Arab keempat yang mengesampingkan permusuhan dengan Israel dalam empat bulan terakhir.

Maroko bergabung dengan Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan untuk mulai menjalin kesepakatan dengan Israel, sebagian didorong oleh upaya yang dipimpin AS untuk menghadirkan front persatuan melawan Iran dan mengurangi pengaruh regional Teheran.

Meninggalkan kebijakan AS yang sudah berlangsung lama, Presiden Donald Trump setuju sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, wilayah gurun di mana sengketa teritorial yang berlangsung puluhan tahun telah mengadu Maroko melawan Front Polisario yang didukung Aljazair, gerakan memisahkan diri yang berupaya mendirikan negara merdeka.

Presiden terpilih Joe Biden, yang akan menggantikan Trump pada 20 Januari, akan memutuskan apakah menerima kesepakatan AS di Sahara Barat, yang belum pernah dilakukan oleh negara Barat lainnya. Seorang juru bicara Biden menolak berkomentar.

Sementara Biden diperkirakan akan mengalihkan kebijakan luar negeri AS dari postur "America First" Trump, Politisi Demokrat telah mengindikasikan Biden akan melanjutkan meraih apa yang disebut Trump sebagai "Persetujuan Ibrahim" antara Israel dan negara-negara Arab dan Muslim.

Trump memastikan kesepakatan Israel-Maroko dalam panggilan telepon dengan Raja Maroko Mohammad VI pada Kamis, kata Gedung Putih.

"Terobosan lain BERSEJARAH hari ini! Dua sahabat BESAR kita Israel dan Kerajaan Maroko telah menyetujui hubungan diplomatik penuh , sebuah terobosan besar untuk perdamaian di Timur Tengah! " tulis Trump di Twitter.

Mohammad mengatakan kepada Trump bahwa Maroko bermaksud memfasilitasi penerbangan langsung bagi wisatawan Israel ke dan dari Maroko, menurut pernyataan dari pengadilan kerajaan Maroko.

"Ini akan menjadi perdamaian yang sangat hangat. Perdamaian, cahaya perdamaian pada hari Hanukkah ini tidak pernah, bersinar lebih terang dari hari ini di Timur Tengah," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan, merujuk pada libur delapan hari Yahudi mulai Kamis malam.

Warga Palestina mengkritik kesepakatan normalisasi, dengan mengatakan negara-negara Arab membatalkan tujuan perdamaian dengan meninggalkan permintaan lama agar Israel menyerahkan tanah untuk negara Palestina sebelum dapat menerima pengakuan.

Mesir dan UEA mengeluarkan pernyataan menyambut keputusan Maroko. Mesir dan Israel menandatangani perjanjian perdamaian pada 1979.

"Langkah ini, langkah berdaulat, berkontribusi untuk memperkuat pencarian bersama kami untuk stabilitas, kemakmuran, dan perdamaian yang adil dan abadi di kawasan ini," tulis putra mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan, di Twitter.

Namun Senator Jim Inhofe, ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat AS dari Partai Republik, mengecam keputusan Trump yang "mengejutkan dan sangat mengecewakan" untuk mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat. Inhofe mengatakan orang yang tinggal di daerah itu harus memberikan suara dalam referendum untuk menentukan masa depan mereka.

"Presiden mendapat nasihat yang buruk dari timnya. Dia bisa saja membuat kesepakatan ini tanpa memperdagangkan hak orang yang tidak bersuara," kata Inhofe dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat senior AS mengatakan Trump tahu tentang perlawanan Inhofe untuk mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat. Tetapi argumen Inhofe kalah melawan presiden ketika senator itu menolak untuk menahan tagihan pengeluaran pertahanan tahunan ketika Trump menuntutnya digunakan untuk mencabut undang-undang yang memberikan perlindungan tanggung jawab kepada perusahaan teknologi, kata pejabat itu.

Kesepakatan Maroko bisa menjadi yang terakhir yang akan dinegosiasikan oleh tim Trump, yang dipimpin oleh penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan utusan AS Avi Berkowitz, sebelum memberi jalan kepada pemerintahan Biden yang akan datang.

Kepada wartawan dalam panggilan konferensi, Kushner mengatakan tidak dapat dihindari bahwa Arab Saudi pada akhirnya akan mencapai kesepakatan serupa dengan Israel. Seorang pejabat AS mengatakan Saudi tidak mungkin bertindak sampai setelah Biden menjabat, dan bahkan kemudian akan ada oposisi internal yang kuat yang dapat memblokir langkah seperti itu dalam waktu dekat.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Maroko akan menjalin hubungan diplomatik penuh dan melanjutkan kontak resmi dengan Israel.

"Mereka akan membuka kembali kantor penghubung mereka di Rabat dan Tel Aviv segera dengan maksud untuk membuka kedutaan besar. Dan mereka akan mempromosikan kerja sama ekonomi antara perusahaan Israel dan Maroko," kata Kushner kepada Reuters.

Kesepakatan Trump untuk mengubah kebijakan AS di Sahara Barat adalah kunci utama untuk mendapatkan kesepakatan Maroko dan perubahan besar dari sikap yang sebagian besar netral.

Di Rabat, pengadilan kerajaan Maroko mengatakan Washington akan membuka konsulat di Sahara Barat sebagai bagian dari kesepakatan Maroko dengan Israel.

Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat percaya bahwa negara bagian Sahrawi yang merdeka "bukanlah pilihan yang realistis untuk menyelesaikan konflik dan bahwa otonomi yang murni di bawah kedaulatan Maroko adalah satu-satunya solusi yang layak."

Sumber: Reuters

Baca juga: Raja Maroko: Vaksin Covid-19 gratis untuk semua warga negara

Baca juga: PM: Maroko tolak normalisasi hubungan apa pun dengan Israel

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020