Akun pembelajaran bagi siswa dan guru diluncurkan Kemendikbud

Akun pembelajaran bagi siswa dan guru diluncurkan Kemendikbud

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Na’im saat memberikan keterangan di Jakarta, Jumat (11/12/2020). (FOTO ANTARA/Indriani)

Akun pembelajaran dengan alamat belajar.id tersebut mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan melalui penerapan teknologi dan informasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan akun pembelajaran yang diperuntukkan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan.

“Akun pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Na’im, di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan akun pembelajaran dengan alamat belajar.id tersebut mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan melalui penerapan teknologi dan informasi.

Siswa yang mendapatkan akses tersebut yakni kelas lima dan enam SD atau paket A, kemudian siswa SMP maupun paket B, dan siswa SMA atau paket C.

“Selanjutnya untuk kependidikan dan juga untuk kepala satuan pendidikan serta operator,” katanya.

Ia menjelaskan akun pembelajaran tersebut diberikan dalam bentuk akun Google karena insan pendidikan dapat mengakses aplikasi pendukung pembelajaran yang disediakan Google.

“Pembuatan dan penggunaan akun pembelajaran bebas biaya penggunaan aplikasi pembelajaran , sekaligus tingkat keamanan tinggi. Kita tidak perlu khawatir tentang keamanan data,” katanya.

Sistem Google juga mampu mengelola puluhan juta akun sekaligus dengan tingkat keamanan tinggi. Akun yang sama juga dapat digunakan untuk mengakses aplikasi Kemendikbud serta berbagai aplikasi pembelajaran lainnya di luar ekosistem Google.

Dia menjelaskan materi dan informasi dari Kemendikbud akan dikirimkan ke alamat pos elektronik akun pembelajaran. Akun pembelajaran akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud.

Akun pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Kemudian, akun pembelajaran yang sudah siap pakai dan sesuai struktur satuan pendidikan masing-masing pengguna, demikian Ainun Na’im.

 

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemendikbud luncurkan akun pembelajaran untuk siswa dan pengajar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar