Ada pemilih dari kecamatan lain yang mencoblos di TPS 3 Purwodadi tanpa dokumen pindah pilih.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menyebutkan ada satu tempat pemungutan suara (TPS) yang akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Mahardika mengatakan bahwa PSU tersebut dilakukan di TPS 3 Purwodadi, Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

"Kami sedang melakukan persiapan untuk PSU di TPS 3 Purwodadi, Donomulyo," kata Mahardika di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat.

Mahardika menjelaskan alasan pelaksanaan PSU pada TPS 3 Purwodadi, Kecamatan Donomulyo tersebut karena ada pemilih dari kecamatan lain yang melakukan pencoblosan di TPS tersebut tetapi tidak menggunakan dokumen pindah pilih.

"Ada pemilih dari kecamatan lain yang mencoblos di TPS 3 Purwodadi. Pencoblosan itu tidak menggunakan dokumen pindah pilih," kata Mahardika.

Baca juga: "SanDi" unggul 45,2 persen pada penghitungan sementara KPU

Mahardika menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan PSU pada TPS tersebut pada tanggal 12 Desember 2020.

Ia berharap pemungutan suara ulang tersebut bisa berjalan lancar, tanpa ada kendala yang berarti.

Pada pemungutan suara pada hari Rabu (9/12), kata Mahardika, secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan aman. Ada beberapa permasalahan kecil, namun bisa teratasi dengan baik.

"Saat pelaksanaan, ada kendala wajar. Akan tetapi, bisa teratasi. Misalnya, ada surat suara yang kurang. Hal ini bisa diatasi dari persediaan surat suara," kata Mahardika.

Pada TPS 3 Purwodadi, Kecamatan Donomulyo tersebut tercatat 240 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Malang 2020. Secara keseluruhan, di daerah ini sebanyak 2.003.608 jiwa dalam DPT.

Pada Pilkada Malang 2020 diikuti oleh tiga pasangan calon. Pasangan calon nomor urut 01 adalah Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi). Pasangan petahana ini diusung oleh enam partai politik, PDIP, Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca juga: Timses gembira hasil survei SMRC tunjukkan keunggulan "tipis" LaDub

Pasangan calon nomor urut 02 adalah Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) yang diusung oleh dua partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pasangan calon nomor urut 03 adalah Heri Cahyono-Gunadi Handoko (Malang Jejeg) yang merupakan pasangan dari jalur perseorangan yang lolos dalam tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020