Melihat situasi pandemi COVID-19 di Yogyakarta yang tidak menentu, sepertinya tidak memungkinkan bagi kami untuk mengadakan uji coba termasuk melawan klub lokal
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa skuatnya tidak akan menghadapi laga uji coba di sela pemusatan latihan (TC) skuatnya di Sleman, Yogyakarta, karena pandemi COVID-19.

"Melihat situasi pandemi COVID-19 di Yogyakarta yang tidak menentu, sepertinya tidak memungkinkan bagi kami untuk mengadakan uji coba termasuk melawan klub lokal," ujar Bima, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

Juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu menegaskan dirinya tidak ingin mengambil risiko penularan COVID-19 dari pertandingan persahabatan.

Baca juga: Timnas U-16 manfaatkan sains olahraga pantau fisik pemain

Oleh karena itu, untuk melihat performa kompetitif pemain, Bima rutin mengadakan laga internal.

Proses berjalannya pertandingan tersebut direkam oleh staf timnas U-16 agar dapat dievaluasi secara rinci oleh tim pelatih.

"Kami pasti selalu mengevaluasi latihan dan pertandingan internal. Kami menganalisis video bersama-sama dengan pemain untuk melihat kekurangan yang harus diperbaiki dari tim ini," tutur Bima.

Sebanyak 26 pemain mengikuti TC timnas U-16 di Sleman, Yogyakarta, yang berlangsung pada 6-23 Desember 2020.

TC itu menjadi persiapan menuju Piala Asia U-16 yang berlangsung pada tahun 2021 di Bahrain.

Pada turnamen tersebut, Indonesia yang menjadi satu-satunya perwakilan ASEAN berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan China.

Baca juga: Pelatih fokus tingkatkan kualitas pertahanan timnas U-16
Baca juga: Bima Sakti panggil 26 pemain untuk TC timnas U-16 di Sleman

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020