Saham China ditutup merosot di tengah ketegangan dengan AS

Saham China ditutup merosot di tengah ketegangan dengan AS

Panel menampilkan Indeks Hang Seng selama perdagangan di Hong Kong, Cina, Senin (4/5/2020). ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu/am.

Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup merosot pada perdagangan Jumat, berbalik melemah dari kenaikan sehari sebelumnya di tengah berlanjutnya ketegangan dengan Amerika Serikat yang akan menghapus pencatatan saham perusahaan-perusahaan China di bursa AS.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai merosot 0,77 persen menjadi ditutup pada 3.347,19 poin. Sementara itu, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China berakhir anjlok 1,28 persen menjadi menetap di 13.555,14 poin.

Nilai transaksi gabungan saham-saham yang mencakup kedua indeks utama China mencapai 834,9 miliar yuan (sekitar 127,65 miliar dolar AS), naik dari 709,23 miliar yuan (sekitar 108,31 miliar dolar AS) pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

Sebagian besar saham jatuh, dengan saham terkait perangkat elektronik, media, dan hiburan memimpin penurunan.

Penyedia produk elektronik Universal Scientific Industrial (Shanghai) Co, Ltd terpuruk 9,7 persen menjadi ditutup pada 19,46 yuan per saham. Saham Beijing Gehua CATV Network Co, Ltd merosot 1,07 persen menjadi ditutup pada 10,19 yuan per saham.

Melawan tren penurunan, saham-saham terkait pertanian membukukan kinerja yang kuat, dengan saham Hainan Shennong Technology Co, Ltd melonjak 4,59 persen menjadi berakhir pada 6,38 yuan per saham.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, terpangkas 1,13 persen menjadi mengakhiri perdagangan pada 2.687,78 poin.



Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi lanjutkan kenaikan hari sebelumnya

Baca juga: Saham China "rebound," Indeks Shanghai merangkak naik 0,04 persen

Baca juga: Saham China berakhir anjlok, Indeks Shanghai jatuh 1,12 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar