Medan (ANTARA) - Stasiun Geofisika BMKG Deli Serdang, Sumatera Utara, mencatat, sejak 4 hingga10 Desember 2020, terjadi 26 gempa bumi di wilayah Sumatera Utara dan Aceh dengan magnitudo bervariasi.

"Tercatat 26 kejadian gempa dalam sepekan terakhir yang terjadi di Sumut dan Aceh, " kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deli Serdang, Teguh Rahayu di Medan, Sabtu.

Gempa bumi yang terjadi dalam sepekan tersebut dengan magnitudo terkecil 1.8, dan terbesar magnutudo 5.2.

Kedalaman gempa bumi berkisar antara 2 km sampai dengan 133 km, dengan pusat gempa bumi berada di darat dan laut, yaitu 16 kejadian berpusat di darat, dan di laut berjumlah 10 kejadian.

Baca juga: Gempa 5,2 magnitudo di Karo-Sumut tak berpotensi tsunami, sebut BMKG

Baca juga: Sepekan terakhir terjadi 31 gempa di Sumut dan Aceh


Dari 26 kejadian gempa bumi tersebut, berdasarkan laporan dari masyarakat terdapat empat yang dapat dirasakan. Dua kejadian dirasakan di wilayah Propinsi Aceh sedangkan dua kejadian di wilayah Propinsi Sumatera Utara.

Gempa bumi dirasakan dengan magnitudo terbesar terjadi Jumat (4/12) , 04 Desember pukul 02:48:40 WIB dengan magnitudo 5.2, episenter terletak pada koordinat 3.10 LU dan 98.13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 Km arah Barat Daya Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada kedalaman 133 km.

“Guncangan gempa bumi juga dirasakan di wilayah Sidikalang dan Aceh Singkil III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).*

Baca juga: Pekan kedua November di Sumut- Aceh terjadi 26 kali gempa

Baca juga: BMKG pasang sistem peringatan dini gempa di Pesisir Pantai Barat Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020