Sutradara Korea Kim Ki-duk meninggal akibat komplikasi COVID-19

Sutradara Korea Kim Ki-duk meninggal akibat komplikasi COVID-19

Dokumentasi - Sutradara Kim Ki-duk di Venice Film Festival, Italia (1/9/2016). ANTARA/REUTERS/Alessandro Bianchi/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sutradara Korea Selatan Kim Ki-duk meninggal di Latvia akibat komplikasi virus corona, Jumat (11/12).

Dikutip dari Reuters, pemenang penghargaan di festival film Berlin, Cannes dan Vvenesia ini telah menetap di Riga, ibu kota Latvia, untuk urusan pribadi setelah melancong ke Estonia untuk urusan pekerjaan, kata direktur Pusat Film Nasional negara bagian Latvia Dita Rietuma.

Sutradara 59 tahun itu meninggal di rumah sakit Riga, kata Rietuma kepada Reuters, mengutip dari sekretaris pribadi sang sutradara.

Kim mendapatkan pujian global sebagai sutradara yang sering ikut dalam festival internasional, tapi di sisi lain dia juga mendapatkan kritik terutama atas penggambarannya mengenai perempuan, termasuk dalam film "Pieta" yang memenangi penghargaan Golden Lion di Festival Film Venesia 2012.

Reputasinya juga tercoreng gara-gara beberapa tuduhan perkosaan dan pelecehan seksual oleh sejumlah aktris di tengah gerakan global #MeToo.

Kim tidak pernah secara langsung merespons tuduhan itu, tetapi dia mengajukan banding pada November setelah kalah dalam gugatan yang diajukannya terhadap salah satu aktris dan jaringan TV lokal yang menyiarkan tuduhannya.

Baca juga: Alasan Joong-ki, Dong-gun dipilih untuk "Arthdal Chronicles"

Baca juga: "Space Sweepers", film terbaru Song Joong-ki hadirkan cuplikan video

Baca juga: "I-LAND" kirim empat peserta ke "ground" sisakan 12 I-LANDERS

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cerita kegiatan keseharian Aa Gym, hingga terkonfirmasi positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar