Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Berdasarkan data informasi COVID-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitug tercatat sebanyak 2.207 orang di daerah itu kontak erat dengan pasien COVID-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Sabtu mengatakan 2.207 orang yang kontak erat berdasarkan data tersebar diseluruh atau di delapan kecamatan.

"Kami terus memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus jenis baru corona secara masif langsung ke masyarakat dengan melibatkan berbagai pihak seperti TNI, Polri dan tenaga rewalan untuk memberikan penyadaran masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan,," jelasnya.

Pencegahan lainnya dilakukan oleh pihak BPBD dan Dinas Kesehatan kata Boy Yandra, melakukan pelacakan "tracking", penelusuran "tracing" dan pengujian "testing" dalam mendeteksi sebaran kasus COVID-19.

Baca juga: Tiga pasien COVID-19 di Bangka meninggal dunia

Baca juga: 197 pasien COVID-19 Bangka Tengah sudah sembuh


"Penanganan pencegahan virus COVID-19 harus dilakukan dengan kompak dan serius oleh seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali," kata Boy Yandra.

Pemerintah Kabupaten Bangka melakukan upaya pencegahan penyebaran di lingkungan perkantoran dengan melakukan tes cepat secara bertahap di semua instansi.

Boy Yandra mengatakan, selain jumlah warga yang kontak erat mencapai ribuan orang terdapat penambahan jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 18 orang, sehingga total kasus sampai dengan hari ini mencapai 385 orang serta 287 sudah dinyatakan sembuh.

"Masih terdapat 98 orang menjalani perawatan kesehatan dengan angka kematian sebanyak tiga orang," kata Boy Yandra.

Baca juga: 25 anak panti asuhan di Bangka dinyatakan sembuh COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 Bangka Tengah meninggal dunia tercatat tiga orang

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020