Tahun ini kita menggunakan aplikasi Siskeudes 202 dan dalam aplikasi ini desa masih memungkinkan untuk melakukan perubahan ketiga APBDes, namun di aplikasi terbaru tidak bisa lagi
Mukomuko (ANTARA) - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk bantuan langsung tunai tahap ketiga telah menyelesaikan penyaluran program tersebut kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Tiga desa di daerah ini telah selesai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat yang terdampak COVID-19,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak tiga desa, yakni Desa Talang Kuning, Teruntung, dan Pondok Kopi di Kecamatan Teras Terunjam tahun ini mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk BLT tahap ketiga bagi masyarakat yang terdampak COVID-19.

Ia menyebutkan 143 keluarga warga yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Mukomuko masih menerima penyaluran BLT-DD tahap ketiga.

Baca juga: Lima kampung di Sangihe salurkan BLT-DD secara nontunai

Dia menjelaskan tiga desa itu masih bisa melanjutkan penyaluran BLT-DD kepada warga terdampak COVID-19 karena memiliki stok Dana Desa yang cukup dalam APBDes, sedangkan jumlah BLT-DD tahap ketiga ini sama dengan tahap kedua, yakni Rp300.000 per orang, menurun dibandingkan dengan BLT-DD pada tahap pertama yang Rp600.000.

Ia mengatakan tujuh desa sebelumnya berencana mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk melanjutkan penyaluran BLT-DD kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Namun, katanya, empat desa batal karena tidak bisa melakukan perubahan APBDes ketiga dan mengunggah ke aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) terbaru, yakni Siskeudes 203.

“Tahun ini kita menggunakan aplikasi Siskeudes 202 dan dalam aplikasi ini desa masih memungkinkan untuk melakukan perubahan ketiga APBDes, namun di aplikasi terbaru tidak bisa lagi,” ujarnya.

Baca juga: Penyaluran BLT Dana Desa tahap lima Kabupaten Penajam capai 90 persen
Baca juga: Mendes PDTT dan Mensos tinjau penyaluran BST dan BLT Dana Desa

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020