Banjarmasin (ANTARA) - Hasil pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di desa terjauh Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, telah sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Batang Alai Timur.

"Alhamdulillah rombongan pembawa kotak suara berisi surat suara hasil pilkada di Desa Juhu dan Desa Aing Bantai telah tiba dengan selamat," terang Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Sabtu.

Dia mengungkapkan petugas KPU dibantu masyarakat dan dikawal aparat TNI-Polri harus menempuh perjalanan tiga hari dengan berjalan kaki dari lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk kembali ke kecamatan.

Baca juga: Jalan terjal para pejuang demokrasi di desa terpencil

Medan yang berat di Pegunungan Meratus dilintasi rombongan melewati perbukitan dengan jalan menanjak dan turunan hingga aliran sungai di tengah belantara menuntut kekuatan fisik dan stamina.

"Pada malam hari, rombongan bermalam di hutan sembari beristirahat. Hujan yang mengguyur menjadi tantangan tersendiri sehingga perjalanan semakin berat. Namun alhamdulillah semua bisa dilalui baik saat berangkat sebelum pilkada maupun kembali dengan selamat," tutur Rifa'i.
Aparat TNI-Polri mengawal kotak suara dan surat suara yang dibawa di Pegunungan Meratus. ANTARA/Firman/aa.

Baca juga: Warga perbatasan antusias salurkan hak pilih di Pilkada Bengkayang

Sehingga dalam penugasan pengamanan, diakui Rifa'i, membutuhkan personel Polri berpengalaman dan memahami medan. Mereka adalah Aiptu M Padlullah, Aipda Sugianoor, Bripka M Akhyadi dan Briptu M Hermansyah.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan distribusi logistik pilkada di desa terpencil tersebut, setiap regu dibekali dengan multivitamin dan telepon satelit yang dipergunakan untuk melaporkan setiap satu jam sekali perkembangan situasi dan kesehatan anggota pengamanan TPS.

Atas tugas pengabdian yang telah dilaksanakan dalam menyukseskan pilkada, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto pun memberikan apresiasi kepada seluruh anggotanya.

Baca juga: Tokoh perbatasan ajak masyarakat sambut gembira Pilkada Kapuas Hulu
 

Pewarta: Firman
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020