Liga Jerman

Silas kembali ukir dua gol saat Stuttgart taklukkan Dortmund

Silas kembali ukir dua gol saat Stuttgart taklukkan Dortmund

Penyerang VfB Stuttgart Silas Wamangituka (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borussia Dortmund dalam pertandingan Liga Jerman yang do Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (12/12/2020). ANTARA/AFP/FOCKE STRANGMANN.

Jakarta (ANTARA) - Silas Wamangituka mengukir dua gol pada dua pertandingan secara beruntun saat VfB Stuttgart menaklukkan tuan rumah Borussia Dortmund dengan kemenangan 5-1, Sabtu.

Raihan tiga poin membawa Stuttgart naik ke posisi keenam dengan 17 poin, sedangkan Dortmund turun ke posisi kelima dengan 19 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pada pertandingan yang berlangsung di Signal Iduna Park tersebut, kedua tim mengawali laga dengan intensitas tinggi. Stuttgart mendapat hadiah penalti dari wasit pada menit ke-26 akibat pelanggaran Emre Can terhadap Mateo Klimowicz di kotak terlarang. Silas yang menjadi algojo, sukses menaklukkan kiper Roman Buerki.

Setelah berjuang keras, Dortmund akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Bola operan panjang Raphael Guerreiro, dapat dikonversi menjadi gol balasan oleh Giovanni Reyna.

Skor imbang 1-1 hanya bertahan sampai menit ke-53. Orel Mangala mencuri bola operan di lini belakang Dortmund, dan menyodorkannya kepada Silas untuk diteruskan masuk ke gawang tuan rumah.

Baca juga: Dwigol Silas pastikan Stuttgart pecundangi Werder Bremen 2-1

Stuttgart kemudian menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-60. Philipp Foester menerima bola kiriman Borna Sosa, dan melesakkannya ke gawang Dortmund. Itu merupakan gol perdana Foester di Liga Jerman.

Tim tamu mengukir gol keempatnya pada menit ke-63. Tanguy Coulibaly melepaskan sepakan melengkung setelah melewati Mats Hummels di kotak penalti Dortmund.

Dortmund sempat membalas satu gol melalui sepakan Reyna, namun gol itu tidak disahkan karena Youssoufa Moukoko berada dalam posisi offside saat proses terjadinya gol.

Penderitaaan Dortmund bertambah akibat gol kelima yang bersarang di gawangnya pada menit ke-93. Gonzalez menggebrak pertahanan tuan rumah, dan melesakkan gol penutup pada laga tersebut melalui gol Nicolas Gonzalez.

Baca juga: Stuttgart promosi ke Bundesliga setelah Hamburg sia-siakan peluang
Baca juga: Youssoufa Moukoko pecahkan rekor pemain termuda di Liga Champions


Leipzig sementara puncaki klasemen

RB Leipzig untuk sementara memuncaki klasemen Liga Jerman, berkat kemenangan 2-0 mereka atas tamunya Werder Bremen. Kemenangan yang sekaligus menjaga catatan 100 persen kemenangan kandang Leipzig pada musim ini.

Leipzig kini berada di puncak dengan koleksi 24 poin, unggul satu poin atas Bayern Munich yang baru akan bermain Union Berlin pada Sabtu malam.

Baca juga: Leipzig kirim Manchester United ke Liga Europa
Baca juga: Bayern dan Dortmund kompak menang untuk salip Leipzig dari puncak


Gol pembukaan Leipzig tercipta berkat hadiah penalti pada menit ke-26, akibat Ludwig Augustinsson melanggar Yusuf Poulsen di kotak terlarang. Marcel Sabitzer yang menjadi algojo sukses menunaikan tugasnya untk membawa Leipzig unggul.

Leipzig kemudian mengemas gol keduanya pada menit ke-41. Poulsen menyodorkan operan kepada Olmo, yang diteruskan sang pemain untuk menaklukkan kiper Jiri Pavlenka.

Pada pertandingan lain yang dimainkan dalam waktu bersamaan. Borussia Moenchengladbach hanya mampu mendapatkan hasil imbang 1-1 saat menjamu Hertha Berlin.

Baca juga: Menang 4-1, Gladbach kian benamkan Schalke di dasar klasemen

Hertha mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-47. Pemain pinjaman Matteo Guendozi melepaskan tembakan melengkung yang bersarang ke gawang Gladbach. Itu merupakan gol perdana Guendozi di kancah Liga Jerman.

Gladbach kemudian menyamakan kedudukan melalui gol Embolo pada menit ke-70. Itu merupakan gol kedua Embolo dari dua pertandingan berturut-turut.

Kemenangan juga dirasakan oleh Freiburg yang menang 2-0 atas tamunya Arminia Bielefeld. Kedua gol baru tercipta setelah turun minum. Vincenzo Grifo mengeksekusi penalti untuk membawa Freiburg memimpin pada menit ke-79, sebelum pemain Korea Selatan Woo Yeong Jeong menggandakan keunggulan Freiburg pada menit ke-92.

Satu pertandingan Liga Jerman mempertemukan Mainz melawan Cologne. Cologne berhasil menjauhkan diri dari zona degradasi dengan kemenangan 1-0 atas tuan rumah Mainz. Gol semata wayang Cologne adalah gol Elvis Rexhbecaj pada menit ke-55.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Tiga teratas kompak bermain imbang

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar