Kejadian tersebut mengakibatkan akses jalan Windusari-Bandongan tertutup material longsor
Magelang (ANTARA) - Dua kejadian tanah longsor melanda Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu, yakni di wilayah Windusari dan Kajoran setelah daerah tersebut diguyur hujan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto di Magelang, Minggu, mengatakan longsor di Kecamatan Windusari terjadi di Dusun Gedegan, Desa Windusari sekitar pukul 16.00 WIB.

Ia menuturkan hujan dengan intensitas sedang-lebat mengakibatkan tebing dengan tinggi sekitar 6 meter dan panjang sekitar 5 meter longsor.

Baca juga: Longsor di Windusari Magelang putuskan jalan penghubung antardesa

"Kejadian longsor tersebut mengakibatkan sebagian akses jalan Windusari-Bandongan tertutup material longsor," katanya.

Kemudian di Kecamatan Kajoran, longsor terjadi di Dusun Kali Tengah, Desa Banjaretno.

Ia mengatakan longsor terjadi sekitar 16.30 WIB, berupa talud tebing setinggi 6 meter dan panjang sekitar lima meter mengakibatkan material longsor menutup akses jalan Pancar Salaman-Kajoran.

Baca juga: Banjir dan longsor terjadi di Bandongan Magelang

Menurut Edy, dua kejadian longsor tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Setelah dilakukan kerja bakti oleh sukarelawan bersama masyarakat akses jalan tersebut kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Selain di Kabupaten Magelang, bencana longsor juga terjadi di Dusun Gombangsari, Desa Jonggolsari, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, yakni senderan sepanjang 15 Meter longsor menimpa kandang kambing.

Baca juga: Sejumlah longsor terjadi di Kabupaten Magelang

Danramil Leksono Lettu Inf Salman mengatakan setelah kejadian anggota Koramil, Polsek, perangkat desa, dan masyarakat melaksanakan gotong royong menyingkirkan material longsor.

"Kami TNI akan selalu hadir dan siap membantu masyarakat oleh karena itu masyarakat jangan segan dan jangan takut untuk segera melaporkan kepada Babinsa apabila ada kejadian di desanya sehingga TNI akan dengan cepat mengambil tindakan," katanya. 

Baca juga: Longsor landa sejumlah desa di Purbalingga Jateng

Baca juga: Bupati Purbalingga informasikan dirinya positif terinfeksi COVID-19

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020