Pemprov Jatim siapkan 2.400 vaksinator COVID-19

Pemprov Jatim siapkan 2.400 vaksinator COVID-19

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Wali Kota Madiun dan pejabat Pemkot Madiun serta Pemprov Jatim memberikan bantuan pemulihan ekonomi saat pandemi COVID-19 di Rumah Dinas Wali Kota Madiun Maidi, Minggu (13/12/2020). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun/lr/am.

Madiun (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan 2.400 tenaga vaksinator untuk melakukan vansinasi COVID-19 guna mencegah penyebaran penyakit tersebut.

"Pemprov Jatim telah menyiapkan wadah khusus penyimpanan vaksin dengan suhu tertentu. Selain itu, 2.400 vaksinator juga sudah selesai diberi pelatihan. Sehingga, vaksin siap didistribusikan," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam kegiatan "talk show" di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Madiun, Minggu.

Baca juga: Gubernur Jatim ingatkan jangan sampai ada klaster pilkada

Baca juga: Jatim waspadai penambahan kasus COVID-19 saat libur akhir tahun


Menurut dia, saat ini vaksin COVID-19 sudah tiba dan dalam proses pendataan oleh pemerintah pusat. Pemprov Jatim tinggal menunggu arahan dari pemerintah pusat dan vaksin siap didistribusikan di wilayah Jatim.

Selain itu, Satuan Tugas COVID-19 Jawa Timur juga membentuk tim persiapan vaksinasi COVID-19. Hal itu sesuai keputusan hasil rapat Gubernur Jatim Khofifah bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri BUMN.

Nantinya tim akan diisi dari berbagai instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim.

Tugas dari tim persiapan vaksinasi tersebut, antara lain melakukan sosialisasi dan persiapan-persiapan lainnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya di Kota Madiun, Gubernur Jatim juga menyerahkan bantuan dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi. Di antaranya, bantuan kredit dana bergulir, program satu rekening pelajar (KEJAR) dari Bank Jatim, paket kredit pertanian (PKPJ) dari Bank UMKM, sertifikat penjamin kredit mikro, bantuan peralatan usaha dari JAMKRIDA, bantuan subsidi upah, serta kartu peserta program Siaga.

Baca juga: Pemprov Jatim berupaya tekan penambahan kasus COVID-19

Baca juga: Kanwilkumham bersama Pemprov Jatim bentuk klinik kekayaan intelektual


Tak hanya itu, secara simbolis Gubernur juga menyalurkan KUR Mikro, KUR Super Mikro dan BPUM dari BRI, BNI, dan Mandiri, serta menyerahkan sertifikat tanah aset kepada Kota Madiun sebanyak 76 bidang yang diterima oleh Wali Kota Madiun Maidi.

Gubernur juga menyerahkan bantuan sembako serta berkampanye tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 yakni dengan membagikan masker.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dugaan B1351 turunkan efikasi, Kemenkes terus akselerasi vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar