Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Red Bull Max Verstappen tampil dominan di Grand Prix Abu Dhabi pada Minggu untuk menjuarai balapan penutup musim Formula 1 2020 di Sirkuit Yas Marina.

Verstappen memimpin sepanjang lomba setelah start dari pole position untuk pertama kalinya musim ini dan menyelesaikan balapan sepanjang 55 lap itu nyaris tanpa kesalahan dan masalah.

Duet Mercedes Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton mendapati kedua mesin mobilnya diturunkan performanya setelah menemui masalah dengan MGU-K jelang start. Mereka pun tak mampu menandingi kecepatan Verstappen dan harus puas berbagi podium dengan sang pebalap Belanda.

Bottas finis runner-up dengan jarak 15,976 detik, sedangkan Hamilton, yang baru sembuh dari COVID-19,berada 18,415 detik di belakang Verstappen, demikian laman resmi Formula 1.

"Ini sangat menyenangkan. Mobil ini memiliki keseimbangan yang sangat baik, jika kalian start dengan baik maka kalian bisa mengendalikan kecepatan dan itu membuat hidup kalian lebih mudah. Saya akan menikmati podium ini, kemudian saya akan menikmati pulang ke rumah," kata Verstappen setelah lomba usai.

Baca juga: Verstappen kalahkan duet Mercedes untuk pole position GP Abu Dhabi

Kemenangan Red Bull itu pun mengakhiri rentetan enam kemenangan Mercedes di Abu Dhabi serta menjadi trofi juara untuk kedua kalinya musim ini dan kesepuluh sepanjang karir Verstappen.

Ini juga menjadi kemenangan ketiga musim ini yang diraih mobil yang tidak dipersenjatai mesin Mercedes.

Bottas pun terkejut dan mengakui Red Bull hari ini tampil sangat cepat.

"Ini suatu kejutan, kami menyangka kecepatan kami cukup seimbang. Saya merasa saya menjalani balapan yang solid, tanpa kesalahan dan saya tidak bisa mengeluarkan yang lebih dari paket hari ini," kata sang pebalap Finlandia.

Baca juga: Hamilton masih rasakan gejala sisa setelah sembuh dari COVID-19

Sedangkan Hamilton mengeluhkan keseimbangan mobilnya dan masih kewalahan secara fisik setelah sembuh dari COVID-19 yang memaksanya absen di Sakhir pekan lalu.

Alexander Albon tampil cepat beberapa lap terakhir untuk mendekatkan jaraknya dan mencuri podium dari Hamilton. Namun sang pebalap Thailand kehabisan waktu dan kesempatan dan harus puas finis P4 untuk Red Bull, 1,5 detik di belakang Hamilton.

Albon masih menunggu nasib masa depannya di Red Bull untuk musim depan, di saat Sergio Perez dikaitkan dengan bangku untuk menjadi tandem Verstappen pada 2021.

Duet McLaren, Lando Norris dan Carlos Sainz memimpin pertarungan tim papan tengah setelah keduanya finis P5 dan P6, meraup poin yang cukup signifikan untuk membawa tim asal Woking itu merebut posisi tiga di klasemen konstruktor.

Baca juga: Statistik Grand Prix Formula 1 Abu Dhabi

Daniel Ricciardo finis P7 di belakang kedua mobil oranye itu untuk Renault, dan rekan satu timnya, Esteban Ocon di P9 setelah kalah cepat dari Pierre Gasly yang mengamankan P8 untuk Alpha Tauri.

Lance Stroll membawa pulang poin terakhir yang tersedia di P10 untuk Racing Point di saat rekan satu timnya Sergio Perez menyudahi balapan terakhirnya bersama Racing Point lebih dini ketika mobilnya mengalami masalah teknis setelah melaju 10 putaran meski menggunakan komponen baru di mesinnya.

Sebastian Vettel mengakhiri enam musim karirnya bersama Ferrari di P14, satu posisi di belakang rekan satu timnya, Charles Leclerc, yang mendapat penalti mundur tiga posisi start ke P12 karena menyebabkan tabrakan dengan mobil Perez di Grand Prix Sakhir.

Vettel bakal hijrah ke Racing Point yang menjelma menjadi Aston Martin musim depan setelah tak diperpanjang kontraknya dengan Ferrari, yang mengalami salah satu musim terburuknya di F1 sejak 1980 dengan finis peringkat enam di klasemen konstruktor

Baca juga: Lagi tidak fit, Bos Ferrari lewatkan seri pemungkas musim di Abu Dhabi
Baca juga: Alonso bakal bernostalgia dengan mobil juara Renault R25 di Abu Dhabi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020